Tempat Ziarah Sekitar Kota Mekkah Saat Haji

Kota Mekkah 1

PERCIKANIMAN.ID – – Khusus bagi jama’ah umrah non haji, biasanya ada program ziarah seputar kota Mekah yang umumnya tempat-tempat yang diziarahi adalah tempat-tempat manasik haji, seperti “Arafah, Mina, Muzdalifah, Jabal Rahmah, Jabal Tsur, Jabal Qubaish, Gua Hiro dan sejumlah tempat bersejarah lainnya, seperti tempat kelahiran Nabi dan lain sebagainya.

Selain tempat manasik haji, ada pula beberapa tempat yang menjadi tempat ziarah (mazair) yang baik untuk dikunjungi jama’ah umrah dan juga haji. Dikutip dari buku Panduan Ibdah Haji dan Umroh berikut ini tempat ziarah di kota Mekkah diantaranya :

iklan donasi pustaka2
  1. Pemakaman Ma’la

Kalau di Madinah ada makam Baqi, maka di Mekkah juga ada tempat pemakakam yang juga sangat besar yakni Ma’la. Ma’la merupakan tempat pemakaman bagi penduduk mekkah. Termasuk merupakan makam dari Ibunda Khodijah ra, istri pertama Rasul yang begitu mendukung dakwah beliau. Yang pertama menerima dakwah Rasul keti ka yang lain menolak. Yang begitu besar kontribusi dana/infaq untuk perjuangan Rasul. Sehingga wajar jika Rasul begitu mencintainya dibanding istri – istri yang lainnya sehingga Aisyah pun cemburu kepadanya.

Letak makam Khodijah lebih ke dalam dan memiliki area khusus yang jika kita ingin memasuki perkarangannya melewati terowongan (dibawah jalan raya). Bahkan lokasi pemakaman Khodijah ini terlihat dari jalan raya karena memang berada disisi jalan besar.

  1. Masjid Jin – Masjid Kucing – Masjid Ja’ranah

Diantara beberapa masjid bersejarah yang sempat kami kunjungi diantaranya adalah Masjid Jin, Masjid Kucing dan Masjid raya Ja’ronah. Masjid Jin adalah masjid dimana jin berjanji kepada Rasul, letaknya cukup dekat dekat maktab kami. Sehingga beberapa kali sempat saya sholat dzuhur di masjid ini.

Adapun masjid Kucing ti dak sempat saya merasakan sholat di dalamnya, karena memang lokasinya yang dekat dengan masjidil haram, tepatnya di sekitaran pasar seng. Dan karena rute perjalanan pulang-pergi kami dari maktab ke Masidil Haram melalui jalan ini, maka seti ap kali itu juga kami melewati masjid kucing ini.

Sedang Masjid Ja’ranah, adalah masjid yang letaknya lumayan jauh dari masjidil haram. Letaknya kurang lebih 20 Km dari Masjidil Haram. Ada satu keistimewaan di Masjid Ja’ronah ini, yaitu dahulu memiliki sumber mata air yang konon airnya ini memiliki keisti mewaan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Karena dikhawati rkan dapat menyebabkan kepercayaan yang berlebihan dan bahkan melebihi air zama-zam, maka sumber air ini pun kemudian ditutup. Tetapi jika kita berkunjung ke sana, maka kita masih mendapatkan anak-anak yang menjual air ja’ranah. [ ]

 

 

garage sale

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: al arabiya

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment