Meski Sudah Menunaikan, Mengapa Umat Islam Selalu Ingin Umroh dan Haji Lagi? Ini Rahasianya

haji indonesia

PERCIKANIMAN.ID – – Ibadah umroh apalagi haji bukan sekedar diperlukan kesiapan spiritual saja melainkan juga fisik, mental bahkan financial yang cukup besar. Demikian halnya dengan ibadah haji, ibadah yang dalam rukun Islam ada pada urutan terakhir atau ke lima cukup menguras fisik dan mental. Sementara untuk finansialnya juga tidak kalah besarnya yang harus disiapkan.

Setiap tahunnya jutaan jamaah haji berdatangan ke Arab Saudi dari berbagai negara. Dalam pelaksanaannya, bisa dipastikan selalu ada yang meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji, baik karena sakit maupun karena adanya musibah seperti robohnya crane, insiden terowongan dan sebagainya. Meski demikian setiap kaum muslimin yang sudah pernah berhaji atau umrah pasti rindu ingin kembali ke Baitullah. Demikian juga bagi umat Islam di seluruh dunia bagi yang belum pernah menunaikan haji atau umroh pasti hati mereka senantiasa dipenuhi kerinduan untuk menjadi tamu Allah Swt untuk bisa diundang ke Baitullah.

iklan donasi pustaka2

Mengapa demikian? Jika kita baca dan telusuri rupanya keinginan itu tak lepas dari doa Nabi Ibrahim as kepada Allah Swt. Dimana saat itu sesuai perintah Allah Swt, usai menempatkan istrinya Siti Hajar dan putra Ismail as, beliau pernah meminta agar Ka’bah menjadi yang dirindukan oleh seluruh anak keturunannya.

Hal ini dapat kita simak dalam Al Quran surat Ibrahim ayat 37, dimana Nabi Ibrahim as berdoa,

Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Rabb kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS. Ibrahim: 37).

 

Dari ayat ini kemudian Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah dalam tafsirnya Al Karimir Rahman menjelaskan,

“Allah Swt mewajibkan haji ke Baitullah bagi Ummat Islam, dimana Allah Swt menempatkan anak keturunan Nabi Ibrahim as dan Allah Swt menjadikannya suatu rahasia yang sangat mengagumkan yang dapat memikat hati setiap orang beriman.” Ia menambahkan dengan penjelasannya,

 

“Yaitu orang berhaji (ke Kabah) dan tidak ditunaikan terus menerus, namun setiap kali seorang hamba pergi bolak-balik ke Kabah maka semakin bertambah kerinduannya, semakin besar kecintaannya dan kerinduannya“.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka tak heran jika Umat Islam yang belum pernah ke tanah suci ingin sekali datang, dan yang sudah pernah ingin kembali lagi. Sementara yang sudah berhaji pun ingin bisa datang kembali saat musim haji meski hanya sekedar menjadi petugas kebersihan.

Demikian mulia dan barokahnya Baitullah (Kabah) berikut kota-kota yang ada disekelilingnya (khususnya Makkah dan Madinah) karena doa Nabi Ibrahim as. Hati-hati kaum muslimin senantiasa diliputi perasan rindu dan ingin selalu bisa ke Baitullah baik umroh khususnya ibadah haji.

Namun karena ada terkait dengan adanya kuota khususnya dalam melaksanakan ibadah haji maka sebaiknya dan alangkah bijaksananya bagi yang sudah berhaji untuk mengutamakan atau mendahulukan yang belum berhaji terlebih dahulu. Dengan demikian ada kesempatan yang sama. [ ]

Buku Membingkai Surga Dalam Rumah Tangga

Red: disarikan dari buku Panduan Haji & Umroh dan diolah dari berbagai sumber

Editor: iman

Ilustrasi foto: kemenag

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment