Mengqashar Shalat dalam Perjalanan Panjang di Pesawat

pesawat

Assalamu’alaykum Pak Aam, mau tanya, kalau dalam satu perjalanan panjang ada lebih dari dua waktu shalat yang terlewati, sebaiknya seperti apa jamak qasharnya? (Sandi by email)

 

 

Waalaykumsalam Wr Wb. Baik saudara Sandi dan pembaca, dalam hal ini tentu saja jamaknya pada saat jam masuk shalat. Misalnya begini, anda akan melakukan perjalanan pesawat yang sangat panjang, ada empat waktu shalat yang akan anda lewati di pesawat itu, maka ketika tiba waktu dzuhur, anda lakukan shalat dzuhur dijamak dengan ashar.

iklan donasi pustaka2

Lalu pesawat tersebut sampai di wilayah tertentu dan tiba waktu shalat Maghrib di wilayah tersebut, maka laksanakanlah shalat Maghrib dijamak dengan Isya.

Tapi ada juga yang begini, dari Indonesia anda naik pesawat pada waktu Dzuhur, maka laksanakanlah shalat Dzuhur dan Ashar. Namun ketika landing di tujuan, ternyata masih menunjukkan waktu Ashar padahal jika lihat waktu Indonesia, itu sudah menunjukkan waktu Maghrib. Lalu bagaimana?

Ya tentu saja kita terikat oleh waktu shalat dimana kita berada, bukan oleh tempat negara asal kita. Jadi apabila anda sudah menjamak shalat Dzuhur dan Ashar dan ketika tiba di tempat tujuan masih menunjukkan waktu ashar maka anda tidak perlu melakukan shalat Ashar lagi dan laksanakanlah shalat Maghrib sesuai dengan waktu setempat.

Begitulah cara mengqashar shalat ketika kita berada di perjalanan panjang yang dimensi waktunya sangat berbeda. Wallahu’alam.

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

buku sudah benarkah shalatku

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment