Benarkah Sistem Khilafah akan Tegak di Akhir Zaman?

Bendera-merah-putih-tulisan-arab

Assalamu’alaykum Wr.Wb. Ustadz, apakah benar diakhir zaman itu akan datang sistem kekhilafahan akan tegak lagi di muka bumi? Jika benar, apakah ada hadist shahihnya? (Dedeh by email)

 

Saudara yang dimuliakan Allah, Sebenarnya ke khilafahan itu urusan duniawi, karena tidak ada pola yang baku tentang konsep ke Khilafahan. Oleh sebab itu, tidak ada ramalan bahwa nanti sebelum kiamat kubro akan berdiri ke khilafahan.

iklan donasi pustaka2

Pada kondisi seperti sekarang ini, banyak bermunculan gerakan-gerakan ekstrem seperti ISIS dengan prinsip yang menyatakan bahwa harus ada satu kepemimpinan di dunia (khilafah). Akan tetapi, pada kenyataannya adalah mereka membantai sesama muslim, menembak orang yang sedang shalat, dsb. Apakah seperti itu konsep khilafah? Tentu bukan. Tidak mungkin islam mengajarkan seperti itu.

Menurut hemat saya, persoalannya bukan tentang konsep khilafah melainkan bagaimana umat manusia kini punya keshalehan. Bagaimana bangsa Indonesia ini, umatnya menjadi umat yang hebat dengan sumber daya manusianya yang bagus, shaleh, cerdas dan jujur. Mau negara Republik Indonesia, atau mau dinamai apa saja tidak masalah karena itu hanya luarnya saja, yang penting adalah bagaimana kualitas manusianya.

Misal, Ada suatu negara islam, akan tetapi kinerja manusianya buruk, kebodohan ada dimana-mana, tidak professional, apakah pantas menjadi negara islam? Sedangkan syariat islamnya tidak dijalankan?

Sementara Indonesia, yang landasan negaranya berupa UUD 45 dan Pancasila, apakah ada butir pasal yang bertentangan dengan islam? Selama pasal tersebut tidak bertentangan bahkan mungkin selaras dengan nafas islam, tidak jadi masalah kita hidup di negara Indonesia yang tidak mencantumkan atau mendeklarasikan sebagai negara islam meskipun, mayoritas penduduknya muslim. Terpenting adalah orang-orangnya yang berperilaku islami.

Sebenarnya kita harus berpikir realistis. Saat ini, kita ada di negara Indonesia, pahlawan kita dulu berjuang untuk menyatukan indonesia dari banyak suku dan budaya. Maka, kita harus menjadi warga negara yang hebat. Hebat ilmunya, hebat kemampuan sosialnya, hebat imannya. Jadilah orang-orang yang shaleh, maka negara kita ini akan menjadi negara yang hebat.

Allah ta’ala berfirman :

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkash dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami ) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”.(Q.S. Al A’raf [7]: 92)

Saudara yang dimuliakan Allah, menurut ayat tersebut disebutkan bahwa penduduk yang beriman dan bertakwa dari suatu negeri. Dalam hal ini, tidak dijelaskan nama negerinya, karena yang terpenting itu adalah penduduknya (manusia). Akan tetapi, mereka yang mendustakan nilai-nilai kebenaran, maka Allah akan azab mereka. Wallahu’Alam.

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment