Bagi Jamaah Haji, Jangan Lupa Perhatikan Kebutuhan Air Minum

Haji Wukuf 1

PERCIKANIMAN.ID – – Sebagaimana kita ketahui saat ini cuaca di Arab Saudi cukup panas. Kondisi ini berdampak pada calon jamaah haji yang mulai berdatangan. Untuk menghindari dehidrasi/kekurangan cairan tubuh akibat penguapan yang berlebihan pada cuaca yang panas. Berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari ?  Air adalah zat penting untuk kebutuhan kesehatan tubuh, kebutuhan mungkin bervariasi bagi setiap orang

Berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari ? pertanyaan mudah tapi agak rumit jawabannya , beberapa penelitian membeikan hasil dan rekomendasi yang bervariasi tetapi sebenarnya kebutuhan air tergantung pada beberapa faktor  termasuk:  status kesehatan orang, intensitas kegiatan, bentuk kegiatan dan dimana orang berada.

promooktober1

Walaupun tak ada formula yang cocok buat setiap orang tetapi perlu mengetahui tentang  berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh kita. Maka kita akan tahu berapa banyak yang harus kita minum setiap hari.

Tubuh manusia mengeluarkan cairan melalui beberapa jalan yaitu;

  • melalui kulit dalam bentuk keringat.
  • Melalui paru-paru yang keluar beserta udara pernafasan
  • Melalui saluran kemih (urine=air seni)
  • Melalui pencernaan yaitu sewaktu buang air besar,

Dalam kejadian dimana kita berada pada cuaca yang panas maka biasanya kita akan jarang buang air kecil/berkemih karena tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak melalui keringat tapi dalam keadaan dingin dimana tubuh tidak berkeringat maka pengeluaran air kemih akan menjadi lebih sering atau lebih banyak. Demikian juga pada orang yang terkena diare jika sudah terjadi dehidrasi maka biasanya tak ada pengeluaran air kemih nanti setelah dilakukan upaya rehidrasi atau pemberian cairan maka pasien baru bisa berkemih ini merupakan tanda sederhana bahwa sudah terjai rehidrasi.

Fungsi dan keuntungan air bagi tubuh

Air  pada tubuh manusia  adalah bahan kima utama dan  60% dari berat tubuh  manusia adalah terdiri dari air. Setiap sistim pada tubuh manusia dalam menjalankan fungsinya bergantung pada air misalnya: air akan membantu mengalirkan racun keluar dari organ vital manusia, air mengangkut bahan makanan ke sel-sel pada organ tubuh dan menjaga kelembaban liang telinga, lubang hidung, mulut/pencernaan dan kerongkongan.

Kekurangan air dapat mengarah pada terjadinya dehidrasi, kondisi yang terjadi jika tak ada air dalam tubuh maka tubuh tak mampu melaksanakan fungsi normalnya, dehidrasi ringan menyebabkan energi tubuh terkuras dan membuat tubuh kelelahan. Dehidrasi dapat terjadi akibat pengeluaran cairan tubuh yang melebihi kondisi normal: apakah  melalui kulit/berkeringat berlebihan selama beberapa jam, misalnya terjadi pada atlit yang harus berlari/berkegiatan dibawah terik matahari tanpa diimbangi dengan pemberian cairan yang adekuat,  juga dapat diakibatkan oleh pengeluaran cairan melalui saluran pencernaan akibat penyakit misalnya: diare atau buang-buang air yang berlangsung terlalu sering tanpa diimbangi pemberian cairan pengganti yang memadai. Kekurangan cairan yang berlebihan dapat mengancam nyawa dari orang yang terkena dehidrasi tentu didahului dengan shock ringan, sedang sampai tidak sadarkan diri.

Berapa banyak air yang diperlukan ?

Setiap hari tubuh manusia kehilangan air  melalui udara pernafasan, keringat, buang air kecil dan dipakai dalam membantu pencernaan hingga pembuangan sisa makanan pada waktu  buang air besar.  Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik maka air yang terbuang  harus segera digantikan dengan cara minum atau makan makanan yang mengandung cairan. Sumber air tentu berasal dari minuman sehari-hari yaitu air minum, air teh, kopi, buah-buahan dan makanan yang berair seperti sayuran atau makanan lain.

Jadi berapa banyak cairan yang harus dikonsumsi oleh manusia ? orang dewasa sehat yang tinggal pada wilayah yang hangat jika dia pria maka secara kasar memerlukan 3 liter (kira-kira 13 gelas) dari total minuman dalam sehari. Kebutuhan untuk wanita adalah 2.2 liter (sekitar 9 gelas) dari seluruh konsumsi dalam sehari.

Bagaimana dengan istilah  8 gelas tiap hari

Nasehat agar kita minum 8 gelas setiap hari itu kira-kira setara dengan 1.9 liter air. Walaupun anjuran 8 gelas tidak didukung  oleh bukti yang kuat akan tetapi sudah  sangat populer karena mudah diingat. Rumus itu perlu di rubah sedikit dengan pesan “minumlah sedikitnya 8 gelas setiap hari”, mereka yang berkunjung kenegara seperti Arab Saudi maupun negara Timur tengah lainnya atau kenegara berudara panas seperti negara-negara di benua Afrika tentu memerlukan tambahan input air untuk menjaga agar tubuh tak kekurangan cairan, peningkatan suhu udara luar tubuh menyebabkan pula peningkatan cairan tubuh yang keluar melalui keringat sehingga rumus 8 gelas mungkin perlu ditingkatkan menjadi 10-12 atau bahkan lebih banyak lagi sesuai dengan kegiatan dan cuaca panas dimana kita berada.

Faktor yang berpengaruh pada kebutuhan air

Anda mungkin perlu memodifikasi total kebutuhan cairan  berdasar atas kegiatan yaitu berapa besar kegiatan anda, bagaimana cuaca disekitarnya, bagaimana suhu sekitarnya dibandingkan dengan suhu tubuh manusia, bagaimana status kesehatan anda, dan apakah anda sedang hamil atau menyusui, bentuk tubuh gemuk atau kurus. Seperti dikutip dari mayonclinic.com, berikut ini hal yang berpengaruh pada kebutuhan air mium:

  •  Kegiatan fisik, kalau seseorang terlibat dalam banyak kegiatan yang menyebabkan pengeluaran keringat, maka orang itu perlu minum tambahan air sebagai kompensasi dari air yang terbuang lewat keringat. Sekitar 400 sampai 600 mililiters (1,5-2,5 gelas) dianggap cukup untuk kegiatan singkat, tetapi kegiatan yang intensif yang berlangsung sejam keatas (misalnya; lari marathon)membutuhkan lebih banyak cairan, berapa banyak  tambahan cairan yang diperlukan tergantung pada berapa banyak cairan keringat  yang dikeluarkan, berapa lama kegiatan dan type kegiatan. Kegiatan yang berlangsung lama  dan intensif sebaiknya meminum minuman olah raga yang berisi  elektrolit  sodium untuk mengganti sodium yang hilang dan menghindari terjadinya kekurangan natrium (hiponatremia) yang bisa mengancam jiwa. Walaupun kegiatan sudah selesai tetapi  orang  yang bersangkutan dianjurkan tetap melanjutkan penggantian cairan dengan minum air atau minuman lain yang sehat.
  • Cuaca dan kelembaban.  Udara panas atau kelembaban udara akan membuat orang berkeringat untuk itu dibutuhkan tambahan cairan, panas dalam ruangan juga mempengaruhi   kelembaban kulit misalnya pemakaian pemanas pada musim dingin. Lebih jauh, pada ketinggian  diatas (2,500 meter) akan meningkatkan pengeluaran urine  dan pernafasan lebih c epat berarti lebih banyak cairan keluar dan untuk itu perlu diimbangi dengan persediaan air  sebagai cadangan.
  • Penyakit dan status kesehatan.  Ketika anda demam, muntah atau diarrhea,  tubuh akan kehilangan cairan. Dalam kejadian seperti ini, orang harus minum lebih banyak air .pada beberapa kasus,  mungkin dokter atau petugas medis merekomendasikan oralit atau oral rehidration solution atau minuman seperti,  Gatorade, Powerade atau CeraLyte. Mungkin juga  kita perlu meningkatkan pemasukan air/minum banyak kalau kondisi pasien mengalami kondisi seperti:  infeksi kantung kemih atau batu dalam saluran kemih. Dipihak yang lain beberapa konisi seperti  kegagalan jantung dan beberapa  jenis penyakit yang mengenai ginjal, hati, dan kelenjar adrenal mungkin akan mengganggu pengeluaran cairan yang menyebabkan pemasukan cairan/minum harus dibatasi.

Sumber air minum  yang lain

Ide untuk selalu membawa air  yang setiap saat tersedia dan siap untuk diminum kapan saja adalah ide yang sangat baik, tetapi perlu diketahui bahwa selain air minum yang kita bawa serta masih ada lagi sumber  cairan lain yang dapat dipakai  untuk mengisi kebutuhan cairan tubuh manusia, misalnya  makanan, sayuran dan buah-buahan  yang dikonsumsi   juga ikut mengisi sebagian(20%) dari cairan yang dibutuhkan.

Sebagai tambahan informasi  berbagai minuman ringan, seperti susu, jus buah, kopi, teh dan air soda sebagian terbuat dari air, namun air minum itu sendiri  adalah yang terbaik karena air minum dianggap sebagai minuman yang bebas kalori.

Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Pada umumnya jika seseorang minum cukup  cairan maka jarang sekali merasakan haus dan akan memproduksi dan mengeluarkan urine sebanyak 1.5 liter (6,3 gelas) atau lebih banyak urine yang tak berwarna perhari ini berarti kemungkinan besar pemasukan cairan adalah seimbang, bila seseorang merasakan ada masalah dengan pemasukan air maka diharapkan dapat berkonsultasi dengan dokter dan penasehat gizi untuk menanyakan tentang kebutuhan air yang cocok.

Untuk menjaga agar tubuh tak kekurangan cairan kita harus menjadikan air minum sebagai kebutuhan utama,  kebutuhan cairan juga dapat diisi sebagian oleh:

  • Minuman teh atau kopi lebih baik tanpa gula atau minuman ringan lain yang tak bergula, setiap selesai makan.
  • Minum air sebelum dan sewaktu melakukan pekerjaan/kegiatan  fisik.

Walaupun sebagian orang merasa tidak lazim tapi kita bisa membiasakan diri untuk minum air sesuai anjuran yaitu: minimal 8 gelas setiap hari, tetapi jika minum air dalam volume yang lebih tinggi maka ginjal juga harus bekerja mengatur keseimbangan antara air dan elektroliy, jika ginjal tak mampu membuang air yang berlebih maka terjadi pelarutan elektrolit  dalam darah sehingga terjadi hiponatremia  terutama para atlet yang memerlukan endurance .  [ ]

buku doa orang-orang sukses

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: al arabiya

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment