Kain Kiswah Diangkat, Tanda Musim Haji Dimulai

kiswah

PERCIKANIMAN.ID – Sudah menjadi tradisi setiap tahun, bagian bawah kiswah (selubung kain yang menutupi Ka’bah) diangkat.  Sedangkan bagian yang terbuka kemudian ditutupi dengan kain katun putih sekitar dua meter di keempat sisi.

Tradisi menyingkap kiswah itu dilakukan pada Selasa (8/8/2017) kemarin dan kegiatan ini dilakukan setiap tahun sebagai tindakan pencegahan. “Tujuannya mencegah jamaah haji merusak kain kiswah, karena mereka cenderung menyentuh penutup selama tawaf,” kata Dr. Muhammad Bajouda, direktur Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Ka’bah seperti dilansir Arabnews.

promooktober1

Kain penutup Ka’bah diangkat setiap tahun sebagai pertanda dimulainya bulan haji. Kiswah sebelumnya disingkap pada hari pertama bulan Dzulhijah sebagai pengumuman munculnya ritus dan indikasi awal hari-hari suci.

“Dengan turunnya jumlah peziarah, tanggal pengangkatan kiswah dimajukan, karena jumlahnya sangat sedikit dan sulit bagi banyak peziarah untuk datang pada tahun-tahun itu,” kata Bajouda.

Tetapi dengan perbaikan ekonomi, kondisi dan sarana transportasi, kini tanggalnya berubah ke tengah bulan Dzulqai’dah. Jumlah peziarah, yang kini bisa melebihi 2 juta adalah salah satu alasan untuk mengangkat kiswah  demi melestarikannya.

“Kiswah diangkat dari mataf setinggi tiga meter dari ketinggian Ka’bah setinggi 14 meter. Sebelas meter tetap tertutup sampai tanggal 12 bulan Muharram. “kata Bajouda.

Sumber : Arabnews

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment