13 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kabah Masjidil Haram

PERCIKANIMAN.ID – – Bisa menunaikan ibadah haji atau umroh adalah dambaan setiap muslim. Selama menjalankan ibadah haji atau umroh ada dua masjid yang sangat spesial bagi para jamaah yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dimana kedua mempunyai keistimewaan termasuk pahal bagi yang melakukan ibadah khususnya shalat. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita berada atau disekitar kedua masjid tersebut, dirangkum dari berbagai sumber berikut ini hal yang perlu diperhatikan ketika jamaah berada disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi:

 

  1. Masjidil Haram terbuka 24 jam, semua pintu dapat dimasuki pria dan wanita. Sedangkan Masjid Nabawi dibuka satu jam sebelum Adzan Shubuh sampai pukul 22.00 malam. Waktu Masjid Nabawi dibuka ditandai dengan suara adzan awal (kecuali bulan Ramadhan buka 24 jam).

 

  1. Pintu masuk Masjid Nabawi bagi pria tidak sama dengan pintu masuk wanita, begitu pula dengan tempat sholatnya. Biasanya setiap Jum’at Shubuh, imam shubuh di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi membacakan ayat–ayat sajdah maka jama’ah pun sujud mengikuti imam.

 

  1. Untuk melaksankan ziarah ke makam Rasulullah SAW, bagi pria dapat setiap saat kecuali waktu shalat berjama’ah (shalat fardlu). Adapun bagi wanita ada peluang waktu:

-Pagi, mulai jam 06.00 sampai  jam 11.00  WSA.

-Siang, mulai jam 13.00 sampai  jam 15.00  WSA.

 

  1. Tempat wudlu berada ditempat yang terpisah dengan masjid tapi tidak begitu jauh (daerah sekitarnya) dan setiap tempat wudlu masing–masing mempunyai pintu khusus bagi pria dan wanita dan lokasinya selalu berdekatan.

 

  1. Masuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dilarang keras membawa kamera, makanan/minuman, barang-barang yang nampak besar bobotnya, senjata dan benda tajam lainnya seperti pisau, gunting dan lainnya.

 

  1. Sepatu atau sandal boleh dibawa masuk ke masjid dan diletakkan ditempat sandal yang tersedia didekat tempat shalat kita atau sebaiknya sandal dimasukkan ke kantong sandal.

 

  1. Dilarang keras memotret dan merokok didalam masjid atau daerah sekitarnya dan jika ada yang melanggar, maka kameranya akan dirampas.
BACA JUGA  Inilah 5 Fakta Seputar Bahasa yang Perlu Anda Tahu

 

  1. Berhati-hatilah jika membawa dompet / uang / perhiasan lainnya, karena sering terjadi kehilangan barang–barang berharga baik didalam masjid ataupun didaerah sekitarnya.

 

  1. Alangkah baiknya selalu memakai tanda pengenal dan membawa kartu nama hotel ataupun penginapan yang ditempati. Apabila di Kota Makkah atau Madinah tersesat, jangan panik dan yang terbaik adalah kembali ke Masjid, di Mekkah kembali ke Masjidil Haram (tunggu di sekitar bukit Marwah tempat Sa’i) dan di Madinah kembali ke Masjid Nabawi (tunggu di pintu masuk yang biasa digunakan oleh jamaah kita).

 

  1. Jangan berpergian sendirian bagi wanita atau untuk yang lainnya yang tidak hapal lokasi hotel. Apabila naik taxi, harap diperhatikan waktu masuk, Bapak harus masuk lebih dulu baru Ibu, dan sebaliknya waktu turun Ibu turun lebih dulu kemudian Bapak. Kalau taxinya mogok, lebih baik sama- sama keluar (Ibu dan Bapak)

 

  1. Jangan meninggalkan ibu sendirian di hotel, sebaiknya ikut pergi bersama ke Masjid, bagi ibu yang sedang berhalangan bisa menunggu di pintu Masjid dan bergabung dengan ibu–ibu yang lainnya. Dan Bagi wanita setiap akan keluar hotel tidak boleh mengenakan busana transparan, ketat, harus selalu menggunakan busana muslimah yang sempurna dengan memakai atas mukena / kerudung Malaya, serta tidak ber-make up yang mencolok atau berlebihan.

 

  1. Jaga kondisi fisik dengan cukup makan, istirahat dan memperbanyak makan buah-buahan, jangan banyak keluar penginapan untuk hal-hal yang kurang perlu.

 

  1. Di Madinah disunnahkan ziarah ke Masjid Quba dalam keadaan suci lalu shalat dua rakaat, karena Rasulullah SAW menganjurkan hal tersebut. (dalam hadits dinyatakan pahalanya seperti Umrah)

Demikian yang perlu diperhatikan bagi calon jamaah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. [ ]

 

buku doa orang-orang sukses

Red: dini dan muslik

Editor: iman

Ilustrasi foto: al arabiya

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment