Ketua MPR Zulkifli Hasan: Mosi Integral M.Natsir Bukti Nyata Ummat Islam Mencintai NKRI

2a

PERCIKANIMAN.ID – – Bangsa Indonesia lahir dari sebuah pergolakan sejarah yang sangat panjang. Dalam perjalanannya bahkan hingga saat ini teramat banyak pengorbanan yang diberikan rakyat khususnya ummat Islam dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini.

Demikian disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam seminar Mosi Intergral M.Natsir Upaya Pemersatu Bangsa di Gedung Merdeka Kota Bandung,Sabtu ( 5/8/2017). Zulkifli menambahkan ditengah kondisi yang tidak menentu bangsa Indonesia khususnya diawal kemerdekaan dengan terbentuknya Republik Indonesia Serikat (RIS) tahun 1950 maka Mosi Intergral M.Natsir mampu menyelamatkan bangsa Indonesia dari perpecahan.

“Disinilah tampilnya tokoh muslim M.Natsir sebagai lokomotif dalam mempersatukan kembali NKRI yang hampir hancur dan teerpecah belah,”tegasnya.

Menurut Zulkifli lahirnya mosi integral tersebut salah satu bukti bahwa ummat Islam yang kala itu diwakili oleh M.Natsir tidak ingin Indonesia terpecah belah menjadi beberapa Negara bagian (RIS). Hal ini juga merupakan salah bukti bahwa Ummat Islam sangat mencintai Indonesia dan terhimpun dalam NKRI padahal waktu itu Ummat Islam sudah mayoritas  .

“Adalah mengherankan jika ada tuduhan umat Islam anti Pancasila, anti kebhinekaan bahkan anti NKRI maka sesungguhnya kelompok tersebut tidak tahu dan tidak paham sejarah lahirnya bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Lahir dan berdiri MKRI diwarnai pengorbanan ummat Islam,”tandasnya.

Untuk itu dirinya mengaku prihatin dimana ada kelompok yang mengklaim dirinya paling Pancasila dan paling cinta NKRI dengan menafikan kelompok lain khususnya ummat Islam. Menurutnya sikap tersebut justru dapat membahayakan karena dapat memicu  disintegrasi bangsa.

BACA JUGA  Serangan Suhu Panas dan Kelelahan? Ini Yang Harus Dilakukan Jamaah Haji

Sementara Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) KH.Drs Mohummad.Siddiq dalam paparannya menyatakan bahwa  dengan mosi integralnya M.Natsir mampu tampil kedepan menyatukan kembali NKRI yang hampir disintegrasi.

“Mosi Integral M Natsir menunjukan ummat Islam sangat mencintai utuhnya bangsa Indonesia dan tidak mungkin ummat Islam berbeda dengan NKRI,”tegasnya.

Menurut Ustadz Siddiq, berbeda dalam cara menyampaikan aspirasi dan kritik kepada pemerintah saat ini jangan dimaknai sebagai gerakan yang anti Pancasila dan Kebhinekaan.

“Tuduhan ummat Islam anti Pancasila dan NKRI tentu sesuatu yang menyakitkan dan sangat menyesatkan,”tegasnya.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan duduk bersama mahasiswa
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan duduk bersama mahasiswa

Acara seminar ini diselenggarakan oleh ICMI Jabar yang bekerja sama dengan PAN dan MPR RI. Dalam sesi seminar selain dari DDII juga tampil sebagai narasumber antara lain Prof.Dadan Wildan (Persis), Prof.Sanusi Uwes (Muhammadiyah), KH.Usep Fathuddien (Matlaul Anwar) serta Ahmad Fauzi Natsir (Putra Alm.M.Natsir). Acara yang berakhir usai shalat Ashar ini dihadiri seribuan pserserta yang berasal dari kalangan akademisi, pelajar, pemuda dan mahasiswa, bahkan saking penuhnya ruangan para peserta duduk di lantai yang disertai Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang rela duduk dibawah bersama para mahasiswa. [ ]

Al Muasir 1a

Rep: iman

Editor: candra

Foto-foto: iman

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment