Dewi Sandra : Selalu Ingin Perbaiki Diri

Dewi Sandra

Gelombang dakwah nampaknya kian menyebar rata, tidak tekecuali di kalangan artis Tanah Air. Banyak di antara mereka yang tercerahkan. Bukan sebuah usaha yang mudah untuk memahami Islam secara kaffah di tengah kepungan budaya hedonisme di dunia entertainment.

Namun demikian, mereka istiqamah dan senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri. Bahkan, tidak sedikit para aktris atau biduan wanita kita yang berani melakukan perubahan drastis pada cara berpakaian mereka dengan berhijab.

Salah satu artis kita yang mendapat pencerahan rohani adalah Dewi Sandra. Biduan cantik ini mengubah total penampilannya menjadi tertutup dengan berhijab. Semakin cantik, itu sudah pasti.

Percikan Iman Online menemukan lebih banyak hikmah yang dapat digali dari kisah berhijabnya Dewi Sandra. Untuk berbagi hikmah tersebut, berikut adalah kutip wawancara lengkap dengan Dewi Sandra beberapa waktu yang lalu.

Apa alasan Dewi Sandra sehingga akhirnya memutuskan untuk berhijab?

Alasan utamanya adalah karena ingin memperbaiki diri, dan saat ditanya cita-citanya apa? Saya cuma punya satu, yaitu masuk surga. Akan tetapi, bagaimana caranya mau masuk surga kalau saya tidak menjalani semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya? Jadi, mulailah saya bertekad untuk belajar, belajar, dan belajar. Pelan-pelan, tapi Insya Allah pasti. Amin ya rabbal ‘alamin.

Bagaimana perasaannya sekarang setelah berhijab?

Awal-awal sempat takut. Bukan takut kenapa-kenapa, tapi takut nggak akan kuat dan tidak konsisten. Makanya, niat tersebut saya terus iringi dengan shalat dan berdoa. Ini adalah usaha paling manjur agar tetap istiqamah. Memang saya nggak langsung pintar, dibutuhkan banyak waktu, membaca buku-buku yang tepat, bertanya kepada orang-orang yang tepat, dan berada di lingkungan yang tepat. Alhamdulilah, perjalanan tersebut dimudahkan, tapi semua memang ada prosesnya. Bahkan, (saat memakai kerudung) sering ketusuk jarum sana sini tapi lama-lama saya belajar dari teman-teman yg sudah lebih lama berhijab dan mulai menikmati transformasi ini. Sekarang saya merasa hijab benar-benar identitas saya sebagai wanita Muslim dan insya Allah akan terus belajar untuk memperbaiki diri.

Bagaimana tanggapan orang-orang terdekat (misalnya suami) mengenai keputusan Dewi Sandra berhijab?

Agus (suami) tidak pernah memaksakan saya untuk berhijab. Bahkan, selalu wanti-wanti (katanya) kalau saya memutuskan untuk berhijab, saya nggak boleh lepas lagi dan harus bertanggung jawab dengan keputusan tersebut. Alhamdulillah, suami sangat suportif, bahkan sering menjadi “fashion police”. Ibu mertua dan kakak-kakak ipar saya mengunakan hijab, jadi otomatis pengetahuan Agus lebih dari saya karena dia tumbuh di lingkungan yang sangat Islami. Untuk teman-teman dan manajemen tangapannya juga alhamdulillah positif.

BACA JUGA  Aturan Berbusana Muslimah yang Benar

Apa tantangan terberat Dewi Sandra dalam usaha beristiqamah berhijab?

Tantangan terberat adalah step awal untuk menguasai diri sendiri dan keluar dari “zona nyaman” saya. Selama bertahun-tahun saya akrab dengan gaya fashion yang 180 derajat. Jadi, keputusan awal untuk mengubah semua kebiasaan lama sayalah yang cukup menantang.

Istilahnya kayak anak baru belajar berenang, tapi takut masuk air karena nggak tahu kolamnya sedalam apa. Tetapi, sekali nyemplung mau nggak mau harus berenang agar bisa sampai tujuan. Nah, tinggal gaya renangnya aja nih yang masih bingung. Tetapi, ternyata dengan melatih diri setiap hari membuat saya Insya Allah lebih kuat dan lebih yakin.

Apakah Dewi Sandra tergabung atau sering ngumpul dengan sesama artis yang sudah berhijab?
Saya justru sering ngumpul sama ibu-ibu dekat rumah yang dengan baik hati selalu mengundang saya hadir di acara taklim ibu-ibu, remaja, bahkan anak-anak. Meskipun saya sendiri belum punya anak, tapi ibu-ibu ini menjadi inspirasi untuk pro-aktif dalam lingkungan dan untuk bersama.

Bagaimana aktivitas menyanyi Dewi Sandra setelah berhijab?

Jalan terus atau dihentikan?Alhamdulillah aktivitas saya ada saja meskipun nggak melulu nyanyi seperti dulu, tapi semua pengalaman baru ini sangatlah baik dan penuh dengan wawasan baru. Masalah nyanyi sebenarnya saya ingin istirahat dulu sambil mempelajari apa yang boleh dan tidak boleh saya lakukan saat menghibur dengan formula baru sesuai dengan penampilan saya sekarang ini.

Apa tips agar tetap cantik meski berhijab ala Dewi?

Wah, cantik itu sudah menjadi kodrat setiap wanita, nggak ada kan wanita ganteng? Tapi, tips saya untuk keliatan lebih cantik bagi yang sudah berhijab ataupun mungkin yang belum berhijab adalah jaga kebersihan, salah satunya menggunakan produk sabun, bedak, dan lain-lain yang cocok untuk kulit. Banyaklah tersenyum karena senyum juga ibadah, tanda mensyukuri hidup. Selain itu, banyak minum air putih dan makanan sehat, jalani healthy lifestyle dan konsumsi sayur!

Apa pesan Dewi Sandra kepada para Muslimah yang ingin berhijab tapi masih ragu?

Berdoa dan jangan menyerah. Jika niat sudah ada, tinggal action. Insya Allah akan merasakan perubahan dan manfaat yang positif dan luar biasa. [Muslik]

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment