OKI Bertekad Akan Lindungi Al Aqsha Dari Serangan Israel

Masjid Al Aqsa 1

PERCIKANIMAN.ID – – Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyatakan tekadnya untuk membela sekaligus melindungi eksistensi Masjid Al Aqsha dari semua ancaman yang dilakukan Israel. OKI yang didalamnya tergabung juga Negara Indonesia mengecam keras tindakan Israel yang membatasi hak Muslim untuk beribadah di situs tersuci ketiga umat Muslim tersebut dalam beberapa minggu terakhir ini.

Dalam sebuah pernyataan bersama yang dirilis di Istanbul Turki pada Selasa (1/8/2017), para menteri luar negeri (menlu) OKI mengutuk tindakan provokatif dan represif Israel baru-baru ini, termasuk menutup Masjid Al Aqsha bagi Muslim yang ingin beribadah di sana. Serta (mengecam) pengoperasian detektor logam dan kamera pengawas di sekitar Al Haram Al Sharif, ungkap pernyataan bersama menlu anggota OKI laman Anadolu Agency dan dikutip dari republika, Rabu (2/8/2017).

Para menlu juga menekankan pentingnya toleransi beragama yang teladan di Yerusalem yang telah berlangsung selama berabad-abad di bawah pemerintahan Islam. Oleh karena itu, Israel dinilai telah mencederai perdamaian yang telah tercipta di Yerusalem.

OKI, kata para menlu, akan menegaskan kembali karakter religius dan spiritual kota Al Quds Al Sharif untuk seluruh umat Islam.

“Dan bertekad untuk mempertahankannya dari semua ancaman yang diakibatkan oleh pendudukan kolonial Israel,” ujarnya.

Oleh sebab itu, komite OKI juga akan menolak serta mengecam upaya Israel untuk membuat undang-undang yang hendak mengubah komposisi demografis di Al Quds Al Sharif. Setiap tindakan atau undang-undang yang diadopsi Israel sehubungan dengan Al Quds Al Sharif adalah ilegal dan tidak berlaku menurut hukum internasional serta resolusi PBB, termasuk resolusi Dewan Keamanan PBB, ucapnya.

BACA JUGA  FSOI Jabar Desak Pemerintah Cabut Perppu Pembubaran Ormas

OKI mendesak masyarakat internasional untuk melakukan upaya yang diperlukan untuk mencapai perdamaian yang menyeluruh, adil, dan abadi antara Palestina dan Israel. Namun perdamaian tersebut tetap tidak menerabas solusi dua negara yang diakui secara internasional guna mengakhiri pendudukan Israel yang dimulai pada 1967.

Beberapa pengamat meyakini tekanan dari Negara-negara yang tergabung dalam OKI dapat melunakkan sikap Israel terhadap pembatasan akses menuju Masjidil Aqsa. Namun demikian kelicikan Israel akan merubah rencana mereka yang sesungguhnya. [ ]

buku shalat sunat tarawih

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: al arabiya

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment