360 Calon Jamaah Haji Asal Jawa Barat Batal Berangkat

kabah

PERCIKANIMAN.ID – – Ratusan jamaah calon haji asal Jawa Barat batal berangkat untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Arab Saudi. Kebatalan para jamaah calon haji ini dikarenakan berbagai faktor mulai dari meninggal dan kondisi kesehatan yang terganggu

 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrab Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat Ajam Mustajam mengatakan ada 360 calon jamaah haji yang tidak bisa pergi ke tanah suci. Jumlah ini tersebar di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

 

“Iya yang batal banyak. Data terakhir ada 306 calon jamaah haji yang batal berangkat,” kata Ajam seperti dilansir republika.co.id, Rabu (2/8/2017).

 

Ajam mengatakan jumlah tersebut tercatat sejak pelunasan biaya haji pada Juni lalu. Sementara jika dihitung dari awal pemberangkatan haji pada akhir Juli lalu, tercatat sekitar 20 calon jamaah haji yang tidak jadi berangkat.

 

Menurutnya, faktor sakit menjadi alasan sebagian besar dibatalkannya keberangkatan calon jamaah haji. Di samping ada yang meninggal dan dalam kondisi hamil sehingga tidak diizinkan untuk berangkat.

 

“Sebagian besar karena sakit. Seperti sakit ginjal, jantung yang memang sakit kronis,” ujarnya.

 

Menurutnya belum ada jamaah calon haji yang gagal berangkat karena permasalahan visa. Ia mengatakan visa jamaah haji di Jawa Barat sudah tuntas diurus.

 

Ia menyebutkan jamaah calon haji yang batal berangkat akan digantikan calon lain yang merupakan cadangan. Keberangkatannya pun menyesuaikan dengan yang digantikan.

 

“Yang batal akan digantikan jamaah haji cadangan. Sekarang sudah diproses usulan cadangannya,” ucapnya.

 

Ia mengimbau kepada calon jamaah haji untuk menjaga kesehatannya. Hal ini mengatisipasi suhu di Arab Saudi sedang tinggi yang berbeda dengan Indonesia. Jawa Barat mendapat jatah 38.852 calon jamaah haji yang berangkat. Pemberangkatan kloter pertama dilakukan pada 28 Juli 2017 lalu. [ ]

buku doa orang-orang sukses

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment