Tips Memilih Qurban Yang Baik

Qurban_Domba 1

PERCIKANIMAN.ID – – Tidak lama lagi kaum muslimin akan merayakan Idul Adha atau dalam masyarakat Indonesia juga disebut dengan Idul Qurban. Sebagaimana yang kita tahu pada hari ini atau hari tasyrik yakni 10,11,12,13, Dzulhijah pada penanggalan Hijriyah kaum muslimin yang mampu sangat di sunnahkan atau dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban.

Dalam masyarakat Indonesia bisanya yang disunnahkan untuk disembelih adalah hewan domba, kambing, sapi atau kerbau. Bagi kaum petani atau peternak maka hewan qurban tidak menjadi masalah sebab mereka biasanya memeliharanya sejak lama. Namun bagi yang tidak mempunyai hewan qurban maka jalannya adalah dengan cara membeli.

iklan donasi pustaka2

Memilih hewan qurban sepertinya gampang-gampang susah. Dianggap gampang sebab hewan qurban banyak di masyarakat atau dipasaran, kita tinggal sediakan uang untuk membelinya. Namun bisa dianggap susah sebab hewan qurban harus sesuai dengan syarat atau syariat Islam agar ibadahnya sah.

Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini adalah cara memilih hewan qurban agar sesuai syariat:

  1. Belilah hewan qurban lebih awal

Bagi Anda yang ingin membeli hewan qurban lebih baik membeli diawal atau minimal ketika sudah masuk bulan Dzulhijah. Salah satu keuntungan membeli diawal selain harga bisa agak miring juga stock hewannya masih banyak sehingga Anda mempunyai banyak pilihan.

  1. Pilihlah hewan yang sehat.

Salah satu sahnya ibadah qurban adalah hewan yang hendak disembelih atau dijadikan qurban adalah hewan yang sehat. Hewan yang akan diqurban hendaknya dalam kondisi sehat, tidak cacat misalnya buta, pincang sakit-sakitan, kurus dan tidak berdaya. Pastikan mulut dan kukunya tidak berpenyakit.

  1. Sudah cukup umur

Usia hewan yang hendak diqurbankan sudah genap minimal 1 tahun atau masuk tahun kedua . Namun ada sebagian ulama yang membolehkan minimal berusia 6  bulan bagi yang sangat sulit mendapatkan usia 1 tahun. Untuk mengetahui umur hewan bisa dilihat dari pergantian gigi susu (gigi lebih putih) ke gigi tetap (lebih besar daripada gigi susu) ini biasa disebut dengan istilah “Kupa”. Selain itu umur hewan juga dapat dilihat dari tanduknya dimana semakin panjang tanduknya maka semakin berumur hewan tersebut, meski hal ini bukan ukuran mutlak.

  1. Ada sertifikat dari dokter hewan atau lembaga

Salah satu cara untuk mengetahui layak tidaknya hewan tersebut termasuk sehat tidaknya pastikan ada stempel atau stiker dari dokter hewan atau lembaga yang ditunjuk untuk memeriksanya hewan tersebut. Biasanya stiker tersebut akan dikalungkan di leher atau ditempel di telinga hewan.

Demikian beberapa tips untuk memilih hewan yang layak sesuai syariat untuk dijadikan hewan qurban. Semoga bermanfaat.  [ ]

buku shalat sunat tarawih

Red: ahmad

Editor: iman

Ilustrasi: pixabay

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment