Tak Cukup Uang, Bolehkah Qurban Diganti Dengan Sedekah?

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam, tahun ini saya ingin sekali berqurban, tetapi uang saya tidak cukup. Apa yang harus saya lakukan mengingat ada hadis yang menyatakan bahwa orang yang tidak berkurban tidak diperkenankan mendekat ke tempat ibadah atau masjid. Apakah boleh qurban saya ganti dengan bersedekah saja? Mohon penjelasannya dan terima kasih ( Irpan Koswara by email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya pak Irpan dan pembaca, tentu ada keinginan dalam diri setiap muslim saat Idul Adha bisa melaksanakan qurban baik denga hewan sapi maupun kambing atau domba. Mengingat ada banyak sekali keutamaan ibadah qurban ini. Benar, keterangan yang Anad maksud adalah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah.

Barangsiapa berlebihan (dalam harta) tetapi tidak menyembelih hewan kurban, janganlah dia mendekati masjidku.

Dari redaksi hadis di atas, jelas bahwa orang yang memiliki harta dan tidak mau berkurbanlah yang tidak diperbolehkan mendekati masjid. Bagi orang-orang yang memiliki harta namun tidak mencukupi untuk membeli seekor kambing kurban, tentu saja niat baik orang tersebut sudah dinilai pahala di hadapan Allah swt.

Nah, kalau uang Anda tahun ini tidak mencukupi, teruslah menabung agar tahun depan dapat membeli hewan kurban. Insya Allah, niat baik Anda sudah dicatat oleh Allah Swt. Atau jika dana Anda tidak cukup untuk membeli hewan sapi dan hanya cukup untuk membeli kamping atau domba maka itu tentu lebih baik. Jangan memaksakan untuk berqurban dengan hewan sapi. Namun jika untuk membeli kambing atau domba pun belum cukup maka Anda harus bersabar dan niatkan untuk bisa berqurban tahun depan.

promooktober1

Mengenai apakah qurban dapat diganti dengan sedekah, hal ini adalah dua jenis ibadah yang berbeda dan sifatnya tidak dapat menggantikan satu sama lain. Tata cara serta waktu berqurban sudah ditentukan, misalnya harus dengan menyembelih domba, kambing, sapi, ataupun unta. Ini tidak dapat diganti dengan jenis barang lain atau hewan lain. Demikian pula waktu pelaksanaannya yakni tanggal 10,11,12,13 Dzulhijah Sedangkan sedekah, jumlah serta waktu pelaksanaannya tidak dibakukan. Terserah kemampuan dan kesempatan masing-masing.

 

Jadi menurut hemat saya, Jika Anda ingin bersedekah, bersedekahlah dan jangan diniatkan sebagai pengganti qurban. Tapi ingat, sedekah Anda tersebut tidak menggugurkan atau menggantikan ibadah qurban yang belum tertunaikan. Sekali lagi ibadah qurban dan sedekah itu berbeda. Wallahu a’lam . [ ]

 

buku doa orang-orang sukses

Editor: iman

Ilustrasi foto: sly

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment