Penyerangan Masjid Al Aqsa, Komnas HAM: Zionis Israel Pelanggar HAM Terbesar

PERCIKANIMAN.ID – – Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai mengenal negara Zionis Israel merupakan salah satu negara pelanggar Hak Asasi Manusia (HAM) terbesar.

Penyerang yang dilakukan oleh prajurit Israel di kawasan tempat suci agama Islam, Masjid Al Aqsa menjadi perhatian khusus di mata dunia bahkan berbagai kecaman ditujukan kepada negara yang memiliki lambang bintang daud tersebut. Di mata Natalius, tidak heran jika Israel selalu melakukan pelanggaran HAM berat, karena di negara tersebut tidak memiliki lembaga komnas HAM.

“Israel tidak memiliki lembaga Komnas HAM, Israel adalah negara terisolasi dari pergaulan dunia terkait dengan HAM,” katanya dilansir Okezone. Kamis (27/7/2017).

Ditambahkannya, dalam setiap pertemuan lembaga-lembaga HAM dari berbagai negara. Hanya Israel dan Amerika Serikat tidak pernah muncul dalam forum tersebut. Menurut pria asal Paniai, Papua ini, jika Israel menghadiri forum tersebut maka dijamin akan “jadi bahan bulan-bulanan” akibat ulahnya yang tidak memperdulikan hak yang paling dasar untuk setiap manusia.

“Dalam pertemuan tahunan Dewan HAM, sayangnya Israel tidak pernah hadir karena negara tersebut memang dikeanl sebagai negara terisolasi dari pergaulan dunia terkait dengan HAM, kalau dia hadir di pertemuan-pertemuan litaterai dewan HAM PBB, kita bisa bantai dia, “ tutupnya.

Pigai juga menilai aksi brutal tentara Israel di kawasan Masjid Al Aqsa dianggap telah melakukan pelanggaran HAM berat dan pelanggaran perusakan situs warisan dunia.

“Apa pun ceritanya, penghancuran terhadap Masjid Al Aqsa yang juga sebagai warisan dunia sebagai tempat suci bagi umat Islam. Itu harusnya dijaga dipelihara sebagai tempat ritual agama yang terpenting di dunia, jadi kita harus mengecam betul,” ungkapnya.

Pigai mengungkapkan aksi penyerangan negara Zionis Israel terhadap warga Palestina dilatarbelakangi adanya kebencian atas ideologi dan agama yang dianut oleh rakyat Palestina, hal ini dapat dilihat dari berbagai media. Para serdadu Israel tidak segan-segan melukai bahkan membunuh warga Palestina.

“Israel sudah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran serius berdasarkan kebencian terhadap agama, karena ini tidak hanya sekedar penghancuran terhadap sebuah situs, ini juga atas dasar kebencian sebuah agama,” tuturnya.

Selain melanggar HAM berat, pria asal Paniai, Papua ini menegaskan bahwa Unesco tidak boleh tinggal diam atas pendudukan dan aksi-aksi para serdadu Zionis di kawasan situs warisan dunia.

“Israel melakukan pemberangusan atas situs dunia. Itu pelanggaran serius. Unesco harus bertindak karena ini berhubungan budaya, dan segera mengecam terhadap Israel,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Luar Negeri RI di depan anggota DK PBB menekankan bahwa Israel seharusnya mempertahankan status quo terkait status Yerusalem serta kompleks Masjid Al Aqsa yang juga dikenal dengan nama Bait Suci. [  ]

Buku Muliakan Ibumu 1

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: reuters

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment