Petugas Haji Mulai Diberangkatkan ke Saudi

petugas haji

PERCIKANIMAN.ID – Pemerintah mulai memberangkatkan para petugas haji Indonesia untuk menjalankan tugas di Arab Saudi selama musim haji 1438H/2017M. Sebanyak 196 petugas Kementerian Agama akan bertolak ke Jeddah, Selasa, 25 Juli 2017. Mereka terdiri dari 60 petugas Daker Bandara dan dan 136 petugas Daker Madinah.

Selain itu, akan diberangkatkan juga 115 petugas dari Kementerian Kesehatan. “Petugas akan diberangkatkan dengan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 980, pada 11.50 WIB. Diperkirakan mereka sudah akan mendarat di King Abdul Aziz International Airport Jeddah pada pukul 17.30 waktu setempat,” kata Kasubdir Bina Petugas Haji Khoirizi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (24/07/2017).

Petugas Daker Bandara dan Madinah akan bertugas sekitar 74 hari di Arab Saudi. Dari Jeddah, mereka akan ke Makkah untuk menjalani umrah qudum (kedatangan). Setelah beristirahat di Makkah, mereka akan bertolak ke Madinah untuk bersiap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama.

Kepada para petugas, Khoirizi mengingatkan kembali janji dan komitmen mereka untuk melayani jemaah. Menurutnya, haji adalah tugas nasional dan petugas harus hadir di tengah jemaah.

“Petugas haji mengemban amanah negara untuk mengawal jemaah Indonesia. karenanya, petugas harus memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah,” pesannya.

donasi perpustakaan masjid

“Berikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah, kapan dan di manapun berada. Semua jemaah haji Indonesia menjadi tanggung jawab petugas,” tambahnya.

Para petugas haji Daker Bandara dan Daker Madinah ini dijadwalkan akan dilepas oleh Sekjen Kemenag yang juga Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nur Syam.

Kepala Seksi Transportasi Haji Edayanti Dasril menjelaskan, pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama akan berlangsung dari 28 Juli – 11 Agustus 2017. Kloter awal jemaah haji Indonesia gelombang pertama ini akan diberangkatkan dari 7 embarkasi haji, yaitu: Jakarta – Pondok Gede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Medan (KNO), Padang (PDG), dan Makassar (UPG).

Edayanti menambahkan, bahwa ada 13 embarkasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia. Embarkasi Balikpapan (BPN) akan mulai memberangkatkan jemaah pada 29 Juli 2017, Embarkasi Banjarmasin (BDJ) dan Batam (BTH) pada 30 Juli, dan embarkasi Palembang (PLM) pada 4 Agustus 2017.

Embarkasi  Lombok (LOP) dan Aceh (BTJ) akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari 12 – 26 Agustus 2017. Kloter pertama embarkasi Lombok berangkat 12 Agustus 2017. Sedang kloter pertama embarkasi Aceh berangkat 16 Agustus 2017.

Sumber : Kemenag

(Visited 253 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment