Bunuh Ular Saat Hamil, Adakah Pengaruhnya pada Janin?

kehamilan

Ustadz, kalau ketika hamil membunuh ular, apakah hal tersebut berdampak pada janin yang sedang dikandung? Saat hamil, saya secara tidak sengaja membunuh seekor ular dengan memasukkan ular tersebut ke dalam botol. Dalam Islam, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika sedang hamil?

 

Saudara yang dimuliakan Allah, sebelumnya saya doakan semoga Anda diberi kekuatan, kesehatan, serta kemudahan dalam menjalani kehamilan. Kehamilan umumnya dipandang sebagai fase penting dalam kehidupan manusia. Tak heran kalau selama hamil, calon ibu banyak diberi wejangan oleh orang-orang di sekitarnya demi menjaga kesehatan sang jabang bayi. Namun demikian, kadang wejangan yang diberikan terkesan over-protective dan tidak rasional.

Tidak jarang saya mendengar mitos-mitos seputar kehamilan yang kalau ditelusuri lebih lanjut sangat bertentangan dengan akal sehat dan tidak pula dapat dibuktikan secara medis. Ajaran Islam sendiri tidak secara rinci dan detail mengatur masalah tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kehamilan tidak perlu dilebih-lebihkan. Jalani saja kehamilan secara normal dengan tetap memperhatikan petunjuk-petunjuk kesehatan.

Saya memahami kehawatiran saudara penanya yang membunuh ular pada saat hamil. Namun demikian, saya menyarankan agar saudara tetap tenang dan tidak perlu risau dengan hal tersebut. Bukankah yang membahayakan itu adalah racun ular dan bukan pada tindakan membunuhnya? Tidak ada yang dapat mempengaruhi perkembangan janin selain asupan gizi dan kondisi psikologi ibu saat hamil.

Membunuh ular sebenarnya merupakan salah satu hal yang dibolehkan dalam Islam, baik sedang hamil ataupun tidak. Dalam sebuah hadits disebutkan, “Rasulullah Saw. memerintahkan supaya membunuh ular bergaris dua putih di punggungnya, karena ular itu dapat membutakan mata dan mencelakakan kandungan perempuan hamil.” (H.R. Muslim). Wallahu a’lam.

donasi perpustakaan masjid

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui  * alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 22 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment