Ribuan Ummat Islam Bandung Gelar Aksi Solidaritas Bebaskan Palestina

PERCIKANIMAN.ID – – Ribuan Ummat Islam dari berbagai wilayah di Bandung Raya melakukan aksi solidaritas untuk Palestina dan menuntut pembebasan Masjid Al Aqsa yang dikuasai Israel. Aksi yang awali dengan Shalat Jumat (21/7/2017) di Masjid Pusdai Jawa Barat. Usai shalat Jumat massa Ummat Islam dari berbagai elemen ormas Islam tersebut bergerak menuju Gedung Sate untuk melakukan orasi.

Orasi sendiri disampaikan secara bergiliran dari perwakilan ormas Islam, lembaga dakwah, akademisi termasuk pejabat pemerintah Kota Bandung.  Wakil DPRD Kota Bandung Edwin Sanjaya dalam orasinya menyampaikan bahwa persoalan Palestina tanggung jawab ummat muslim sedunia termasuk dari Indonesia.

“Ada sebagian dari masyarakat kita yang menyatakan bahwa persoalan Palestina bukan persoalan Bangsa Indonesia.  Saya perlu tegaskan, siapa saja yang mengatakan begitu maka sejatinya ia tidak memahami dasar negara dimana dalam Pembukaan UUD 1945 menyatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus di hapuskan,”ujarnya dihadapan ribuan massa.

Sementara itu terkait dengan penguasaan dan penutupan Masjid Al Aqsa oleh Israel, Edwin menyampaikan bahwa kondisi ini menyangkut harga diri dan martabat kaum muslimin seluruh dunia.

“Jika masjid sekitar rumah kita saja ada yang mengganggu apalagi merusak kita berani taruhkan nyawa untuk membelanya maka harusnya  demikian juga untuk Masjid Al Aqsa yang disebut dalam Al Quran,” ajaknya.

Untuk itu ia mengingatkan sekaligus mengajak kepada kaum muslimin agar perjuangan membela dan sekaligus memerdekan Palestina termasuk Masjid Al Aqsa tidak hanya sampai disini dengan aksi saja. Edwin juga mengingatkan kepada Pemerintah Indonesia untuk bersungguh-sungguh dalam mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina karena itu amanah undang-undang.

“Perjuangan ini harus terus dilanjutkan sampai Palestina merdeka dan Masjid Al Aqsa kembali kepangkuan Ummat Islam,”ajak pendiri dan Ketua Bandung Fighting Club (BFC) yang massanya juga ikut melakukan aksi ini.

Odded M Danial (Wakil Walikota Bandung) dan Edwin Sanjaya (Wakil Ketua DPRD Kota Bandung) saat memberikan orasi
Odded M Danial (Wakil Walikota Bandung) dan Edwin Sanjaya (Wakil Ketua DPRD Kota Bandung) saat memberikan orasi

Sementara itu Wakil Walikota Bandung Odded M Danial menyampaikan bahwa sesungguhnya sifat bangsa Israel itu sangat penakut dan pengecut . Hal itu dibuktikan dengan hanya berani melawan anak-anak dan kaum ibu saja.

“Sejatinya tentara Israel penakut dan hanya berani melawan anak-anak yang membawa batu sementara melawan mujahidin bersenjata mereka tidak berani,”ungkapnya.

Ia menambahkan jika Ummat Islam bersatu maka sesungguhnya melawan Israel dan membebaskan Palestina itu akan segera terwujud. Untu itu dirinya mengajak Ummat Islam agar segera bangkit, membangun ukhuwah islamiyah sehingga Palestina bisa merdeka dan Masjid Al Aqsa kembali kepangkuan kaum muslimin.

“Siapkan diri, jiwa raga dan dana untuk membebaskan Palestina. Jangan biar penderitaan saudara-saudara kita di Palestina berkepanjangan. Kita harus segera menyudahi,”ajaknya.

Aksi solidaritas ini kemudian dilanjutkan dengan longmarch yang menyusuri jalan-jalan utama Kota Bandung. Sepanjang jalan massa aksi meneriakkan yel-yel selamatkan Palestina dan bebaskan Al Aqsa. Beberapa relawan juga tampak melakukan penggalangan dana baik kepada peserta aksi maupun para pengguna jalan. Peserta aksi sempat diguyur hujan namun tak menyurutkan langkah untuk terus menyusuri jalan-jalan protokol Kota Bandung. Aksi diakhiri dengan Shalat Ashar berjamaah di Masjid Al Ukhuwah. [ ]

 

Rep: iman

Editor: candra

Foto-foto: iman

 

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment