Dosa Besar Ini Banyak Dilakukan, Tapi Pelakunya Merasa tak Bersalah

stop ghibah

PERCIKAN IMAN.ID – Ada sejenis dosa besar yang sekarang ini makin sering dilakukan oleh banyak orang.  Tetapi anehnya, para pelaku dosa ini tidak merasa bersalah sedikit pun.  Dosa besar apakah yang dimaksud?

Ustadz DR.H. Aam Amiruddin M.Si, dalam sebuah penjelasan melalui video menyebutkan bahwa dosa besar yang dimaksud adalah bergosip atau ghibah.  Rasulullah saw telah menjelaskan kepada kita melalui suatu hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah :

iklan donasi pustaka2

An Abi Hurairah anna rasulullahi salallahu ‘alaihi wasallam qaala : Atadrunna  ma al ghibatun. Qalluu  Allahu wa rasuluhu a’lam. Qaala dzikruka akhaka bima yakrahu. Qiila afaraita in kaana fi akhii ma aquulu. Qaala in kaana fiihi maa taquulu faqad aghtabtahu wa illam yakun fiihi faqad bahattahu“.

Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah pernah bertanya : Tahukah kamu apa itu ghibah ?. Para sahabat  menjawab  :  Allah dan RasulNya  lebih tahu.  Kemudian Rasulullah bersabda : “Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu tentang sesuatu yang tidak dia sukai.” Seorang bertanya : Ya Rasulullah bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang seperti yang saya ucapkan. Rasulullah bersabda : Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah mengghibahnya.  Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya maka kamu telah memfitnahnya  (mendustakannya). H.R Imam Muslim.

Selengkapnya dapat disaksikan melalui video berikut ini :

Dosa besar tetapi pelakunya tidak merasa bersalah.. (Silakan share … )

Posted by Aam Amiruddin on Wednesday, July 19, 2017

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment