FSOI Jabar Desak Pemerintah Cabut Perppu Pembubaran Ormas

H Iding 3

PERCIKANIMAN.ID – – Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI) Jawa Barat mengaku kecewa dengan terbitnya Perppu No 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang tentang pembubaran ormas. FSOI juga mendesak agar pemerintah segera mencabut Perppu tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ketua FSOI Jabar H Iding Bahruddin usai menggelar acara “Silaturahim Persatuan Ummat Islam Jawa Barat” di gedung Pusdai Kota Bandung, Kamis (13/7/2017). Lebih lanjut H. Iding menegaskan bahwa FSOI menolak pemerintah menerbitkan Perppu Pembubaran Ormas yang dinilai sebagai tindakan kesewenang pemerintah.

iklan donasi pustaka2

“Bandingkan, kalau dulu membubarkan ormas mekanismenya harus lewat pengadilan, sekarang pemerintah bisa membubarkan ormas yang tidak mereka sukai,” imbuhnya.

Ia menilai, pemerintah telah bertindak terlalu jauh dalam mengatur dan mengawasi ormas hingga tanpa batas. Menurut H. Iding seharusnya pemerintah tetap harus melakukan mekanisme yang sehat dan fair seperti harus ada surat peringatan, diskusi, peneguran hingga penentuan oleh pengadilan.

Iding mengaku dalam waktu dekat, ia bersama ormas-ormas Islam Jabar saat ini akan melakukan koordinasi menentukan langkah apa yang akan ditempuh untuk menolak Perppu Pembubaran ormas Islam.

Hal yang sama juga disampaikan Dr.Engkos Kosasih selaku Ketua Umum Persatuan Ummat Islam (PUI) Jabar yang menganggap pemerintah mengalami kemunduran dalam demokrasi.

“Pemerintah seperti memakai standar ganda dimana demokrasi kata menjunjung kebebasan berserikat dan berkumpul, ini malah seperti mau memberangus ormas,”ungkapnya dilokasi yang sama.

Sebagai bagian dari ormas PUI juga mengecam terbitnya Perppu tersebut. Ia menambahkan Perppu tersebut seperti pemerintah hendak menghilangkan sejarah dan peran Ummat Islam dimasa perjuangan hingga saat ini.

“Ini kan ada anggapan bahwa ormas Islam anti Pancasila, anti kebhinekaan atau malah anti NKRI. Kalau kita melihat sejarah justru umat Islam lah yang memiliki peran penting dalam perjalanan bangsa ini,” tegasnya.

Untuk itu dirinya mengaku dalam waktu dekat akan ada pertemuan dan koordinasi dengan  ormas-ormas Islam lainnya dan berencana akan melakukan uji materi (judicial review) ke MK.

Sebagaimana diketahui FSOI Jabar merupakan wadah silaturahim ormas Islam se- Jawa Barat seperti Muhammadiyah, NU, Persis, Al Irsyad, BKUI, ICMI, Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia, PUI, Al Washiliyah, PERTI, Hidayatullah , Al Irsyad , Matla’ul Anwar dll. [ ]

Rep: iman

Editor : candra

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment