Tips Menyehatkan Keuangan Pasca Lebaran

uang

PERCIKANIMAN.ID – – Libur lebaran tahun 2017 telah berlalu. Sekarang saatnya kembali ke aktivitas kerja dan kembali bersekolah bagi anak-anak. Pasca libur lebaran selama seminggu banyak dari Anda semua tak sadar penghasilannya mulai menipis. Terutama bagi Anda yang melakukan tradisi mudik dan memberi uang dalam amplop kepada sanak saudara atau ponakan di kampung halaman. Selain itu, biaya bensin dan juga harga tiket sangat menguras di hari raya Lebaran ini.

Bahkan dana tunjangan hari raya (THR) yang sudah diterima seminggu sebelum Lebaran sudah tak terlihat keberadaannya. Sehingga bagi Anda yang sudah berkeluarga perlu untuk kembali menyehatkan keuangan Anda. Kembali memikirkan kebutuhan penting Anda sehari-hari dan mulai menabung lagi.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, pertama yang harus dilakukan untuk menyehatkan kondisi keuangan adalah menghitung berapa sisa uang yang Anda miliki dan bayarkan terlebih dahulu ke kebutuhan yang paling penting.

“Pertama hitung tinggal berapa tabungan yang kita miliki. Kalau kita yang berpenghasilan tinggi tentu tak perlu khawatir tapi bagi kita yang kurang mampu berarti harus benar-benar mengutamakan kebutuhan yang memiliki unsur urgency,” ungkapnya seperti dikutip dari okezone.com,Selasa (11/7/2017)

Menurutnya, setelah Lebaran sebaiknya fokus kembali untuk menabung terutama untuk biaya pulang pergi kerja dan biaya sekolah anak harus diutamakan. Yang tak kalah penting adalah biaya makan sehari-hari. Sehingga sebulan pasca lebaran sebaiknya stop berbelanja dan membeli sesuatu yang diinginkan.

promo oktober

“Karena kondisinya kurang menguntungkan alias dananya mepet maka hentikan semua kegiatan yang dapat memicu dan merangsang kita berbelanja barang-barang yang kurang dibutuhkan, seperti aktivitas main dan jalan-jalan ke mall,” tukasnya. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment