Pemerintah Terbitkan Perppu Pembubaran Ormas

Demo oleh ormas islam

 

PERCIKANIMAN.ID – – Pemerintah melalui Menko Polhukam Wiranto telah membacakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Rabu (12/7/2017). Wiranto menjelaskan Perppu tersebut bertujuan agar ormas bisa diberdayakan untuk pembangunan nasional serta mencegah dari radikal.

 

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H Laoly, mengatakan perppu ini tidak ditujukan untuk satu ormas saja. Diketahui, rencana pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sedang mengemuka beberapa bulan terakhir.

iklan donasi pustaka2

 

“Ya enggaklah. Masa hanya satu saja. Siapa saja yang bertentangan dengan ideologi negara, mengancam keutuhan negara, itu yang jadi sasarannya. Jadi bukan khusus satu ormas. Enggaklah,” kata Yasonna Laoly, usai rapat bersama Komisi III di Gedung DPR RI, seperti di lansir republika.co.id, Rabu (12/7/2017).

 

Yasonna mengatakan ke depannya Perppu ini akan menjadi acuan dalam pembubaran ormas-ormas lain yang bertentangan dengan ideologi negara. Menurut Yasonna, Perppu ini sudah dibahas secara menyeluruh di Kemenkopulhukam, baik dari segi pertimbangannya menjadi sebuah Perppu maupun dari segi substansi.

 

Yasonna enggan membahas tarik menarik di DPR soal Perppu tersebut. Ia mengakui belum semua fraksi di DPR sepakat dengan Perppu ini. Menurut dia, biarlah hal itu menjadi urusan lembaga legislatif. DPR mempunyai waktu kurang lebih tiga bulan pada masa sidang berikutnya untuk menentukan sikap menolak atau menyetujui Perppu ini.

 

Seperti diberitakan sebelumnya banyak kalangan khususnya Ummat Islam menilai bahwa keluarnya Perppu tersebut akan memberangus keberadaan Ormas Islam.Sekretaris Jenderal Persatuan Islam (Persis), Haris Muslim, membantah kabar yang mengatakan organisasinya mendukung langkah pemerintah membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: kabarislam

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment