Adakah Shalat Sunnah Umsi?

shalat

Assalamu’alaykum. Pak Ustadz, saudara saya pernah menerangkan tentang shalat sunat umsi yakni cara shalatnya, setelah membaca Surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan membaca ayat kursi 1 kali, kemudian membaca Al Kafirun dan Al Ikhlas 10 kali. Jumlahnya dua rakaat yang fungsinya untuk keberanian orang yang meninggal dunia saat memasuki alam kubur. Apakah ada contohnya dari Rasulullah Saw.?  Mohon penjelasannya. ( Heni by email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Ibu Heni dan pembaca sekalian, dari referensi atau sumber yang saya baca menyebutkan kalau Shalat Unsi atau Umsi itu shalat sunnah 2 rakaat yang pahalanya diperuntukan bagi ahli kubur atau orang yang baru meninggal di malam pertamanya. Mereka mengambil dalil dari hadits yang artinya :

iklan donasi pustaka2

Tidak ada yang lebih memberatkan bagi mayit dari malam pertama di kuburnya, maka kasihanilah mayit itu dengan bersedekah  untuknya, dan jika tidak, maka shalatlah dua rakaat untuknya

Jadi konon katanya untuk memberikan keberanian terhadap mayit di alam kuburnya saat malam pertama di alam kubur maka keluarganya dianjurkan untuk melaksanakan shalat Unsi tersebut.

Namun dapat saya tegaskan bahwa saya tidak pernah menemukan dalil yang shahih dalam hadis atau pun ayat Al Quran yang menerangkan shalat semacam itu. Hadits yang dikemukan tersebut bisa dipastikan hadits dhaif dan maudhu atau hadits lemah dan palsu sehingga tidak bisa dijadikan rujukan atau dasar dalam melakukan ibadah meski hukumnya hanya sunnah.

Saya juga pernah mengkaji shalat-shalat sunah, tapi saya tidak menemukan shalat Umsi semacam itu. Karena itu, saya khawatir shalat Umsi tidak ada keterangannya. Setahu saya, masih banyak shalat sunat yang tidak meragukan dan sudah jelas keterangannya, seperti shalat tahiyatul masjid, tahajud, dan syukrul wudlu. Anda tidak usah melakukan ibadah yang tidak ada dalilnya karena ditakutkan Anda melakukan “ngarang ibadah” alias bid’ah.

Terkait masalah shalat sunah ini saya sudah menuliskan dalam sebuah buku yang berjudul Melangkah Ke Surga Dengan Shalat Sunat atau “ Sudah Benarkah Shalatku”. Di dalamnya dijelaskan tentang macam-macam shalat sunah berikut dalilnya. Wallahu’Alam. [ ]

 

buku shalat sunat tarawih

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 708 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment