Ciri Bidadari Menurut Islam

bunga

PERCIKANIMAN.ID – – Apa yang terbayang jika disebut nama Bidadari? Semua sepakat baik kaum Adam maupun Hawa bahwa sosok bidadari digambarkan sebagai perempuan atau wanita dengan kecantikan yang sempurna. Uniknya baik kaum pria maupun wanita mempunyai keinginan yang sama. Hanya yang membedakan adalah kaum pria ingin mempunyai pasangan seorang bidadari dan bagi kaum wanita ingin menjadi bidadari.

 

Bagi sebagian kalangan khususnya non muslim, sosok Bidadari dianggap sebagai mitos belaka yang digambarkan dalam wujud peri yang cantik dan bisa terbang. Namun bagi seorang yang beriman (muslim) meyakini bahwa sosok bidadari itu nyata adanya yang kebedaradaannya bukan di dunia ini melainkan kelak di kehidupan surga.

 

Meski secara wujud fisik belum ada yang mampu menggambarkan secara nyata namun dalam Al Quran dan Sunah (hadits) telah melukiskan atau menginformasikan ciri fisik bidadari dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan ungkapan-ungkapan yang fantastis.

Berikut ini ciri-ciri fisik bidadari menurut Al Qur’an dan Hadits:

 

  1. Dada yang berisi, “Dan gadis-gadis yang dadanya penuh lagi sebaya umurnya.” (Q.S. An-Naba 78: 33). Al Quran menyebutnya dengan kawaib, maknanya: bulat, montok, dan indah seperti apel yang ranum, tidak menggantung ke bawah.
  2. Sebaya umurnya. “Dan pada sisi mereka (ada bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.” (Q.S. Shaad 38: 52). Ibnu Abbas, Ikrimah, dan Qatadah menafsirkan kata atraab maksudnya sebaya umur, remaja.
  3. Cantik luar-dalam, “Di dalam surga itu ada gadis-gadis (bidadari) yang baik-baik lagi cantik-cantik.” (Q.S. Ar-Rahmaan 55:70). Khairatun hisan merupakan perpaduan akhlak mulia dan fisik sempurna tanpa cacat sedikit pun.
  4. Bersinar, “Jika salah seorang di antara bidadari menampakkan wajahnya niscaya akan menerangi antara langit dan bumi.” (H.R. Bukhari).
  5. Betis dan kaki yang indah, “Sumsumnya kelihatan di balik betisnya yang indah cemerlang, seperti terlihatnya anggur merah di balik cawan-cawan kristal yang mengkilap.” (H.R. Bukhari Muslim)
  6. Rambut indah dan wangi, “Jika sehelai saja dari rambut bidadari jatuh, niscaya wanginya akan meliputi seluruh timur dan barat.” (H.R. Ath-Thabrani dari Anas bin Malik).
  7. Mata indah, “Huurun (bidadari) ‘iin” (lihat Q.S. Al Waqi’ah 56: 22). ‘Iin artinya wanita berbola mata indah mempesona, cemerlang, tatapannya sanggup menggetarkan hati, seperti tikaman belati menembus jantung.
  8. Wangi, “Jika wanita surga ke bumi, niscaya wanginya akan memenuhi seluruh bumi.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
  9. Penuh gelora cinta, “Penuh cinta (’uruban) sebaya umurnya (atrabaa), (Q.S. Al-Waqiah 56: 37).
  10. Mulus, “Seakan-akan bidadari itu permata yaqut dan marjan.” (Q.S. Ar-Rahmaan 55: 58).
  11. Perawan sepanjang masa, “Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.” (Q.S. Al Waqi’ah 56: 36). Wanita yang masuk surga, juga bidadari-bidadari, mereka tetap dikembalilkan perawan oleh Allah Swt. setiap selesai berhubungan.

 

Mempunyai pasangan bidadari surga adalah dambaan kaum muslimin.Sementara menjadi bidadari surga juga menjadi keinginan kaum muslimah. Namun keinginan tersebut insya Allah akan terwujud jika kita mempunyai keimanan dan ketakwaan hingga akhir hayat. Mempunyai pasangan bidadari dan menjadi bidadari surga adalah salah satu karunia Allah Swt. Untuk mendapatkan itu semua maka harus dilakukan sejak di dunia ini yakni dengan amal shalih dan ketakwaan. Wahai muslimah persiapakan dirimu untuk menjadi bidadari surga. Wallahu’Alam. [ ]

 

Red: dini

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 128 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment