Warga Palestina Ikuti Pelatihan Infrastruktur di Bandung

rumah

PERCIKANIMAN.ID – Sebanyak 14 aparatur sipil Palestina mengikuti kegiatan pelatihan internasional untuk pengembangan kapasitas di bidang infrastruktur.  Kegiatan bertajuk “International Training on Infrastructure for Palestinians” ini diselenggarakan pemerintah Indonesia pada 2-14 Juli 2017 di Bandung, Jawa Barat.

“Pelatihan ini bagian komitmen pemerintah Indonesia mendukung perjuangan Palestina. Komitmen ini sudah lama kami wujudkan dalam bentuk program peningkatakan kapasitas SDM setiap tahun,” ujar Kasubdit Wilayah Afrika dan Timur Tengah Direktorat Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri, Sigit Witjaksono, di Bandung, Senin (3/7/2017) kemarin.

Warga Palestina yang mengikuti pelatihan itu adalah para aparatur sipil Palestina, antara lain dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Transportasi, Kementerian Pemerintah Lokal, Kementerian Pendidikan.

Menurut dia, para peserta dari Palestina akan mengikuti pelatihan yang akan dibagi dalam beberapa sesi di dalam kelas dan kunjungan ke beberapa pusat pengembangan infrastruktur milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selama mengikuti pelatihan di Bandung, para peserta dari Palestina itu juga akan mempelajari materi terkait kebijakan dan perencanaan pembangunan jalan dan perumahan di Indonesia.

“Mereka ingin belajar tentang pembangunan jalan dan pembangunan perumahan di Indonesia. Selain materi di kelas juga ada kunjungan ke fasilitas infrastruktur publik di Bandung,” kata Witjaksono.

Selain itu, para peserta dari Palestina juga akan mendapatkan materi tentang mekanisme kerja sama pemerintah dan sektor swasta di Indonesia dalam pembangunan infrastruktur umum.

Palestina merupakan salah satu negara prioritas penerima bantuan kerja sama teknik dari Indonesia. Bantuan kerja sama teknik di bidang infrastruktur tersebut merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk memberikan program bantuan pengembangan kapasitas kepada aparatur sipil Palestina.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri telah melaksanakan pelatihan di bidang pariwisata dan kepurbakalaan yang diikuti oleh 11 peserta asal Palestina pada Maret 2017 di Yogyakarta.

Untuk tahun depan, Kementerian Luar Negeri berencana menggandeng kementerian/lembaga terkait untuk memberikan pelatihan peningkatan kapasitas di bidang UMKM dan microfinance untuk Palestina.

“Komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina akan terus dilakukan secara berkelanjutan melalui program pengembangan kapasitas di berbagai sektor,” ujar Witjaksono.

Sumber : Antara

(Visited 5 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment