Mana yang Harus Didahulukan, Bayar Qadha atau Puasa Syawal?

puasa sehat

Setelah Ramadhan tahun ini usai, saya berencana shaum syawal selama enam hari berturut-turut. Namun demikian, sebagai wanita setiap bulannya saya mengalami haid selama 7 hari. Pertanyaan saya, mana yang harus didahulukan Ustadz, membayar hutang shaum Ramadhan  atau shaum syawal?

 

Pertanyaan ini bertujuan untuk meminta kejelasan, mana yang sebaiknya didahulukan, meng-qadha shaum (wajib) atau shaum sunah syawal.

 

Bila kita menjawabnya dengan keyakinan bahwa yang wajib harus didahulukan daripada yang sunah secara umum, maka sudah pasti jawabannya meng-qadha shaum wajib harus didahulukan daripada shaum 6 hari di bulan syawal yang dikatagorikan sunnah.

 

Tapi jika melihatnya dari faktor kesempatan yang tersedia, maka kita akan mengatakan bahwa yang berkesempatan lebih sedikit meski (shaum syawal) didahulukan daripada yang berkesempatan luas (qadha).

 

Silahkan menarik kesimpulan masing-masing. Hanya saja, dengan mengambil pandangan kedua, maka dipastikan kesempatan untuk melaksanakan kedua amaliah tersebut menjadi sangat terbuka.

 

Shaum 6 hari di bulan Syawal dapat terlaksana dan qadha pun insya Allah dapat tetap dipenuhi. Kalaupun ternyata qadha yang kesempatannya seolah tak terbatas harus terhenti karena tutup usia, selama niatan untuk meng-qadha shaum tetap kuat, insya Allah tidak akan menjadi dosa. Allah Maha Pengampun dan Maha Mengetahui. Wallahu a’lam.

 

Mana yang harus didahukukan .. shaum qadho atau shaum syawwal … ?

Posted by Aam Amiruddin on Friday, June 30, 2017

(Visited 47 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment