Mudik Lebaran Itu Momen Berbagi Kebahagiaan Bukan Pamer Kekayaan

Mudik 3

PERCIKANIMAN.ID – – Mudik saat lebaran, menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman saat Idul Fitri, momen itu jelas memberi kebahagiaan tersendiri. Hanya saja kita mungkin sering lupa diri dan terlalu mengikuti ego saat mudik dan tiba di kampung halaman.

Momen kembali ke kampung halaman bisa menjadi momen untuk bisa menunjukkan keberhasilan dan kehebatan kita dari tanah rantau. Pamer keberhasilan. Menyebutkan jumlah kekayaan. Menunjukkan kehebatan yang gemilang karena berhasil di tanah rantau. Namun, yang terjadi kemudian bukannya berbagi kebahagiaan tapi malah kita jadi pamer diri sendiri dan membuat orang lain merasa tak nyaman bahkan tersinggung.

  1. Pulang ke Kampung Halaman, Tetaplah Jadi Pribadi yang Rendah Hati

Oke, mungkin kamu sudah berhasil di tanah rantau. Lebih kaya dari sebelumnya. Tapi ketika pulang ke kampung halaman saat lebaran, tetaplah jadi pribadi yang rendah hati. Tetaplah sederhana dan tak tinggi hati.

  1. Syukurilah Keberhasilanmu, Tapi Jangan Lupa Berbagi

Syukuri semua yang berhasil kamu peroleh hingga detik ini. Berbahagialah jika semua impianmu di tanah rantau sudah tercapai. Tapi jangan sampai lupa untuk berbagi. Bukan sekadar berbagi rezeki dalam bentuk uang atau materi. Namun, juga berbagi kebahagiaan dan inspirasi. Apalagi jika ada kerabat atau saudaramu yang sedang ada masalah, coba ulurkan tanganmu dan bantu sebisamu.

  1. Kendalikan Egomu, Jangan Sampai Tergoda untuk Menyombongkan Diri

Ingatlah, di atas langit masih ada langit. Seberapa pun hebatnya dirimu saat ini, masih ada orang yang lebih hebat lagi di atasmu. Bertahun-tahun di tanah rantau telah membuatmu menerima banyak tempaan dan ujian. Ketika semua itu bisa kamu lalui, ya kamu memang orang yang hebat dan berhasil. Tapi jangan sampai itu semua membuatmu lupa daratan.

  1. Berkumpul dengan Keluarga, Tanyakan Juga Kabar Mereka
BACA JUGA  Shalatlah Agar Batinmu Bersih (Tafsir Surat Al A’la Ayat 15)

Biasanya saat berkumpul dengan keluarga, ada banyak hal yang diceritakan dan dibagi. Mungkin kamu jadi pusat perhatian karena setelah sekian lama akhirnya mudik ke kampung halaman. Tapi tetaplah rendah hati dan jangan lupa untuk menanyakan kabar kerabat dan keluargamu yang lain. Berikan juga perhatianmu padanya. Agar kamu bisa tetap diterima dengan baik dan tak membuatmu jadi orang yang dianggap egois.

Momen mudik dan pulang ke kampung halaman, pasti akan ada banyak cerita baru yang bisa kamu dapatkan. Jadikan momen lebaran sebagai momen yang makin merekatkan hubungan dalam keluarga. Bukan malah menciptakan konflk atau melukai hati keluarga kita sendiri.

Selamat mudik, semoga lebaran tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan buat kita semua. Aamiin.[ ]

 

Buku Muliakan Ibumu 1

Red: redaksi

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment