Idul Fitri Mari Buat Rumah Lebih Islami

rumah

PERCIKANIMAN.ID – Idul Fitri segera tiba. Beragam persiapan harus kita lakukan demi menyambut hari kemenangan umat Islam Ini. Ada yang jauh-jauh hari mempersiapkan baju baru untuk dikenakan saat bersilaturahmi Lebaran, ada pula yang sudah memiliki gambaran menu makanan yang akan disajikan saat handai taulan datang berkunjung. Sebagian yang lain, justru lebih tertarik untuk mendekor ulang, merenovasi, atau bahkan membangun rumah impian yang selama ini memang sudah diidam-idamkan.

Ya, mempunyai rumah adalah impian semua orang, apalagi bagi yang sudah berumah tangga. Rasanya belum lengkap menjalani rumah tangga kalau masih menumpang di rumah orangtua atau mertua. Dan, sebagai umat Islam, tentu kita mendambakan sebuah rumah yang bernuansa islami. Namun, dalam kenyataannya, tidak setiap keluarga muslim memahami makna rumah islami yang sebenarnya. Hendaknya kita memperhatikan beberapa rambu-rambu dalam menata atau mendesain rumah islami. Kita juga perlu memperhatikan lingkungannya.Rumah adalah cermin bagi penghuninya.

Bagi penyuka seni dan keindahan, mereka akan membangun rumahnya dengan acuan atau gaya arsitektur tertentu lengkap dengan berbagai ornamen bernilai seni. Bagi seorang muslim yang diperintahkan untuk senantiasa menjaga kebersihan, kita harus membuat desain rumah akan selalu tampak bersih dan nyaman dihuni dengan nuansa spiritual yang khas. Mengapa? Bagi seorang muslim, rumah atau tempat tinggal adalah sarana yang sangat penting dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Ketika semangat kendur atau ide telah memudar hilang, maka ketika kembali ke rumah diharapkan akan muncul kembali energi baru dan inspirasi-inspirasi cemerlang.

Pada dasarnya, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan rumah islami adalah sebagai berikut.

– Dilarang meminta petunjuk dari “orang pintar”/paranormal/dukun untuk menentukan model, hari, dan tanggal yang baik dalam mendesain dan membuat rumah karena semua hari itu baik di sisi Allah.

– Rumah adalah kehormatan dan rahasia. Jangan sampai orang luar mudah melihat isi rumah kita. Hal ini untuk menjaga rahasia dan aurat keluarga kita. Tidak harus dengan tembok yang tinggi, tetapi desain yang cukup untuk sirkulasi udara dan cahaya sehingga menjadi rumah sehat.

– Pikirkan tentang andil kepada lingkungan hidup. Misalnya resapan air dan tanaman. Al-Quran menegaskan tentang kesadaran terhadap lingkungan dan realitas lingkungan.

– Memilih lokasi yang tepat, dekat masjid, memilih tetangga yang tepat, lingkungan yang saleh, membuat rumah yang bersih sehingga menenteramkan dan memberikan semangat dalam beribadah.

– Indah tidak harus mewah dan megah. Allah senang keindahan. Manusia pun suka akan keindahan. Oleh karena itu, buatlah rumah yang indah.

– Dalam desain interior rumah islami, pertimbangkan hal berikut ini: memiliki ruang khusus untuk ibadah, kamar orang tua dan anak-anak terpisah, tersedianya kamar tamu, menjadikan dinding rumah sebagai hijab, posisi kloset tidak menghadap kiblat, ada shower atau kran untuk wudhu, kamar cadangan untuk tamu dan ornamen-ornamen yang bernuansa dzikrullah, bukan nuansa kesia-siaan.

BACA JUGA  Ini Jawaban Praktis Bagi Penghujat Poligami

Sesuaikan dengan budget dan gunakan skala prioritas.
Nah, untuk mendesain rumah berikut interiornya, kita dapat menggunakan kecanggihan teknologi, yakni memakai bantuan software, baik yang berbayar atau yang free (gratis). Beberapa yang bisa dinikmati secara gratis adalah sebagai berikut:

Roomle (http://www.roomle.com)
Roomle adalah aplikasi desain rumah interior yang memungkinkan Anda untuk merencanakan dan membuat sketsa rumah dengan cara online. Perangkat lunak ini bebas untuk digunakan dan Anda dapat menggunakan aplikasi online tanpa software eksternal.

Sweet Home 3D (http://SweetHome3D.eu)
Sweet Home 3D bersifat gratis dan berbasiskan web. Aplikasi ini dapat merancang interior, meliputi rencana tata letak rumah dan rencana lantai. Tanpa bantuan profesional, dengan software ini Anda bisa mendesain ulang ruang untuk renovasi.

Architect Studio 3D (http://architectstudio3d.org)
Semua arsitek pasti kenal Frank Lloyd Wright, seorang arsitek legendaris dunia. Jika mengakses alamat web tersebut, Anda akan dihadapkan pada galeri desain-desain arsitek sekaligus akan diberikan menu dan ruang secara gratis untuk berkreasi menjadi designer secara online.

Autodesk Homestyler (http://www.homestyler.com/designer)
Autodesk Homestyler adalah aplikasi berbasis web sehingga butuh koneksi yang cepat, minimal stabil agar nyaman dalam berkerja.

Google Sketchup (http://sketchup.google.com)
Google Sketchup merupakan salah satu favorit untuk membuat gambar 3D. SketchUp digunakan oleh praktisi di bidang arsitektur, sipil, pembuat film, pengembang game, desainer grafis, bahkan ilustrator untuk menciptakan gambar 3D sesuai kebutuhan. Perbedaan SketchUp dibanding software 3D lain adalah user friendly. Artinya, SketchUp didesain familiar dan mudah digunakan oleh siapa pun tanpa harus menguasai teknik-teknik yang rumit dan penuh perhitungan.

PlacePad (http://www.placepad.com)
PlacePad cocok untuk membuat sketsa rencana lantai dan ruang kamar Anda. Tanpa kemampuan profesional desainer, Anda bisa lebih mudah menuangkan ide dan gagasan model yang diinginkan.

Jangan lupa! Selain komponen bangunan fisik, penghuni rumah ataupun yang ada di dalamnya juga memegang peranan penting dalam terciptanya konsep desain rumah islami. Untuk menegakkan bangunan masyarakat yang islami, penyangga utamanya adalah rumah tangga islami. Rumah tangga islami ialah rumah tangga yang didirikan di atas landasan ibadah yang di dalamnya ditegakkan adab-adab Islam, baik yang menyangkut individu maupun keseluruhan anggota rumah tangga.

Rumah tangga islami juga merupakan rumah yang di dalamnya terdapat iklim yang menjadi tujuan berumah tangga, yaitu terwujudnya rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Hal tersebut senantiasa melingkupi kondisi rumah setiap hari. Maka, seluruh anggota keluarga bisa hidup dalam suasana rumah yang laksana ‘baiti jannati’ (rumahku surgaku). Amin.
Akhirnya, selamat Idul Fitri dengan rumah baru yang nyaman dan islami. Taqabbalallahu minna wa minkum.

[Yudha Yudhanto]

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment