Bolehkah Zakat Fitrah Dengan Uang?

Zakat Dengan Uang 1

 

Assalamu ‘alaykum. Pak Ustadz, beberapa hari lalu seorang orang kawan menginformasikan bahwa zakat fitrah tidak boleh dengan uang melainkan harus makanan pokok yang biasa dikonsumsi. Alasannya zakat fitrah itu sudah ditentukan kaidah syariatnya dan Rasulullah Saw tidak mencontohkan menunaikan zakat fitrah dengan uang atau dikonversi dengan uang. Bagaimana pendapat pak ustadz dan mohon penjelasannya. Terima kasih . (Hermawan by email)

 

Wa’alaykumussalam Wr.Wb. Iya Pak Hermawan dan pembaca sekalian, sebagaimana kita pahami bahwa zakat adalah salah satu ibadah yang harus kita tunaikan. Dalam rukun Islam juga disebutkan bahwa zakat merupakan salah satu pilar dalam keislaman seorang muslim. Untuk itu tidak bisa disebut sebagai orang yang beriman dan bertakwa jika ia mengabaikan zakat, padahal ia mampu menunaikannya.

Terkait dengan zakat fitrah yang lazim ditunaikan (bayar) pada akhir Ramadhan dan sebelum Idul Fitri ini setidaknya mengacu pada beberapa hadits sebagaimana pernyataan Ibnu Abbas dan Ibnu Umar ra  tentang zakat fitrah.

Ibnu Umar radhiallahu ‘anhu mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri, … bagi kaum muslimin, budak maupun orang merdeka, laki-laki maupun wanita, anak kecil maupun orang dewasa ….” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu bolehkah ditunaikan dengan uang atau makanan pokok dan bagaimana status hukumnya?. Hal ini masih menimbulkan perbedaan pendapat dikalangan ulama. Sebagian ulama melarang pembayaran zakat fitrah dengan uang secara mutlak, sebagian memperbolehkan zakat fitrah dengan uang tetapi dengan bersyarat, dan sebagian lain memperbolehkan zakat fitrah dengan uang tanpa syarat.

promooktober1

Namun secara umum ada hanya terdapat dua pendapat ulama dalam masalah ini yakni boleh tidaknya zakat fitrah dengan uang. Pendapat pertama, memperbolehkan pembayaran zakat fitri (zakat fitrah) menggunakan mata uang. Pendapat kedua, melarang pembayaran zakat fitri menggunakan mata uang.

Beberapa ulama yang membolehkan zakat fitrah dengan uang seperti yang diriwayatkan dari Al-Hasan Al-Bashri, bahwa beliau mengatakan, “Tidak mengapa memberikan zakat fitri dengan dirham.”  Demikian juga yang diriwayatkan dari Abu Ishaq; beliau mengatakan, “Aku menjumpai mereka (Al-Hasan dan Umar bin Abdul Aziz) sementara mereka sedang menunaikan zakat Ramadan (zakat fitri) dengan beberapa dirham yang senilai bahan makanan.”

Sementara ulama yang melarang menunaikan zakat fitrah dengan uang seperti yang disampaikan Imam Malik yang mengatakan, “Tidak sah jika seseorang membayar zakat fitri dengan mata uang apa pun. Tidak demikian yang diperintahkan Nabi dan wajib menunaikan zakat fitri senilai satu sha’ bahan makanan yang umum di negeri tersebut pada tahun itu”.

Demikian juga Imam Asy-Syafi’i yang mengatakan, “Penunaian zakat fitri wajib dalam bentuk satu sha’ dari umumnya bahan makanan di negeri tersebut pada tahun tersebut.”

Terkait perbedaan ini tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada salah satu kelompok menurut hemat saya dikembalikan lagi kepada kemantapan hati Anda. Jika Anda lebih tenang atau mantap menunaikan zakat dengan uang maka dipersilakan. Namun jika lebih tenang berzakat fitrah dengan makanan pokok (beras misalnya) maka lakukan yang itu.

Atau sekiranya berzakat fitrah dengan makanan pokok tidak menyulitkan dan bahannya tersedia maka tunaikan saja. Namun jika sulit mencari bahan pokok misalnya persediaan di rumah tidak mencukupi atau toko-toko telah tutup sehingga alternatifnya hanya bisa dengan uang maka hal ini menurut hemat saya tentunya tidak berdosa. Wallahu A’lam. [ ]

 

buku doa

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixcom

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Bolehkah Zakat Fitrah Dengan Uang?”

  1. Rudee

    Waktu membayarnya kapan pa Ustadz?

Leave a Comment