Percantik Diri di Hari Fitri

hijab musliman

“Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita yang shalihah” (HR. Muslim, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Hadist tersebut sengaja dikutip untuk mengingatkan dan menjadi motivasi bagi kaum muslimah, khususnya yang telah menjadi seorang istri dan seorang ibu, agar terus berjuang untuk menjadi seorang istri yang shalihah dan ibu terbaik. Berjuang menjadi istri shalihah dan membahagiakan suami tercinta insyaAllah akan mendapatkan pahala dan kebaikan dunia akhirat. Oleh karena itu, hendaknya kaum muslimah terus berusaha menjaga penampilan dan merawat diri secara lahir dan batin agar suami tetap senang dan bahagia, walaupun kini telah menjadi seorang ibu.

Rawat Diri dengan Kosmetik Halal

Dalam masalah merawat diri dan penampilan bagi muslimah salah satunya dengan memakai kosmetik. Namun demikian, dalam penggunaan kosmetik ini hal yang perlu diperhatikan adalah masalah kehalalannya. Meski kosmetika bukan barang yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, namun sebagian ulama tetap mensyaratkan bahwa hal tersebut tetap harus halal karena bersentuhan dengan kulit. Jika dalam kandungan kosmetika ada unsur yang tidak halal (haram) lalu menempel di kulit kita dan terbawa shalat maka tentu saja dapat membatalkannya.

Bagi kaum muslim persoalan halal adalah suatu hal yang wajib dan tak bisa ditawar lagi. Segala sesuatu yang halal tentu baik bagi kesehatan dan kehidupan kita, karena sesungguhnya apa yang dilarang oleh Allah SWT itu untuk melindungi tubuh dari hal-hal yang buruk dan juga kemudharatan. Halal tidak hanya berkaitan dengan apa yang akan kita makan saja, semua hal harus dipastikan kehalalannya termasuk kosmetika bagi kaum muslimah.

Sebagai umat Islam kita tentu mengerti bahwa halal adalah kaidah syariah yang diturunkan Allah yang difirmankan melalui ayat-ayat dalam kitab suci Alquran. Untuk itu, menurut praktisi dan produsen kosmetik halal, Riani Santosa, dalam memilih kosmetik kaum muslimah harus diperhatikan label halalnya dari lembaga resmi yakni LPPOM MUI.

Cerdas dalam Mempercantik Diri
Untuk mempercantik diri dengan menggunakan kosmetik diperlukan pengetahuan yang cukup dalam memilih jenis kosmetik. Kita harus cerdas dalam menggunakan kosmetik karena seperti yang kita tahu dari beberapa informasi bahwa terdapat berbagai bahan kosmetik yang sebenarnya tidak aman digunakan. Bahan tersebut tidak hanya merusak kulit, tetapi juga akan mengganggu kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan beberapa di antaranya dapat digolongkan sebagai bahan karsinogenik (zat yang bisa menyebabkan kanker). Beberapa bahan berbahaya yang sering dijumpai pada kosmetik dan produk perawatan kulit lainnya yang merupakan bahan sintetik yang sudah terbukti berbahaya bagi kesehatan menurut beberapa penelitian.

Untuk itu, perlu diperhatikan adanya sertifikasi dari Badan POM sehingga menjadi jaminan bahwa barang tersebut termasuk kosmetik sudah layak untuk di gunakan atau setidaknya ada jaminan aman. Riani menambahkan bagi muslimah juga penting untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa (expired date).Namun Riani mengaku biasanya produk kosmetik untuk tanggal kedaluwarsanya maju hingga 6 bulan, sehingga meski sudah kadaluwarsa namun masih terbilang aman.

BACA JUGA  Ingin Lancar Rezeki di Bulan Ramadhan? Ini Syaratnya

Pilihlah jenis kosmetik yang kira-kira cocok dengan kulit. Jika selama pemakaian terdapat alergi dan reaksi yang tak wajar dari kulit maka hentikan pemakaian. Hal ini bisa kita konsultasikan dengan SPG atau petugas kosmetik yang bertugas saat hendak membeli kosmetik. Setiap kulit mempunyai sensitivitas berbeda-beda, tidak bisa dikatakan bahwa produk kosmetik cocok untuk semua kulit dan orang. Riani menambahkan cara mengetesnya yakni oleskan di belakang telinga, karena kulit di belakang telinga hampir mewakili kulit wajah. Jika aman dan tidak ada reaksi maka bisa diteruskan ke wajah.

Memilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap muslimah membutuhkan kosmetik sesuai dengan jenis kulitnya. Tidak semua kosmetik cocok digunakan, bukannya menjadi cantik, kosmetik yang tidak cocok dengan kulit malah bisa mengakibatkan iritasi. Berikut ini tips memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.

Untuk kulit kering
Bagi muslimah yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya gunakan foundation jenis krim dan pastikan concealer yang Anda gunakan berbasis krim. Jenis kulit kering tidak disarankan menggunakan kosmetik yang formulanya bebas minyak sebab kosmetik tersebut akan mengendap pada gari-garis halus pada kulit wajah. Sebaiknya gunakan facial yang mengandung banyak pelembab.

Untuk Kulit Berminyak
Pada kulit berminyak, sebaiknya gunakan kosmetik yang bebas kandungan minyak sebelum mengoleskan foundation tipe matte. Jangan gunakan kosmetik berbahan krim untuk eye shadow atau maskara serta pensil krim bibir.

Untuk Kulit Sensitif
Seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Pilihlah kosmetik yang berlabel khusus kulit sensitif agar terhindar dari reaksi negatif bahan-bahan kosmetik yang mengandung pengawet dan pewarna dengan tingkat tinggi.

Untuk Kulit Kombinasi
Jenis kulit kombinasi mempunyai wilayah kering dan berminyak secara tidak merata. Untuk itu penggunaan kosmetik juga harus menjadi perhatian lebih dengan memilih produk kosmetik untuk jenis kulit ini. Jenis kulit kombinasi bisa juga disebut jenis kulit normal yang memiliki siklus tertentu dari normal hingga berminyak.

Pembersih Kulit
Untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak, ataupun sisa kosmetik sebaiknya hindari pembersih kulit yang berminyak dan keras karena bisa menyebabkan iritasi. Pembersih yang mengandung air merupakan pembersih kulit yang baik terutama untuk wajah karena lebih lembut di kulit.

“Wanita muslimah adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat indah dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, jadikan cantik karunia Sang Illahi sebagai salah satu jalan menuju surga” [Iman/berbagai sumber]

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment