Doa Malam Lailatul Qadar

Malam 1

PERCIKANIMAN.ID – – Pada 10 hari terakhir Ramadhan kaum muslimin akan mempersiapkan diri untuk menjemput malam Lailatul Qadar. Kaum muslimin banyak yang meyakini bahwa malam Lailatul Qadar akan turun pada malam ganjl di 10 hari terakhir Ramadhan yang dimulai sejak malam ke-20 hingga ke 29. Seperti dihimpun dari berbagai sumber Malam Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (الْقَدْرِ لَيْلَةِ) merupakan malam yang paling mulia dengan penuh keberkahannya.

Malam Lailtul Qadar adalah malam penuh keberkahan, kemuliaan, dan memiliki banyak keistimewaan-keistimewaan didalamnya. Apabila seorang muslim melakukan kebaikan-kebaikan pada malam tersebut maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83-84 tahun. Dalam hal ini diisyarakatkan dalam surat Al-Qadar dan merupakan dalil mengenai malam Lailatul Qadar :

Artinya : “Sesungguhnya aku telah menurunkan Al-Qur’an pada malam lailatul qadar, tahukah kamu, “apa itu lailatul qadar”, lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun para malaikat dan ruh qudus (malaikat jibril) dengan idzin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar“. (QS. Al-Qadar: 1-5).

Kata “Al-Qadar” juga diartikan sebagai “Al-Syarf” yang artinya mulia (kemuliaan dan kebesaran). Maksudnya Allah SWT telah mengangkat kedudukan Nabi-Nya pada malam Qadar itu dan memuliakannya dengan risalah dan membangkitkannya menjadi Rasul terakhir

Lalu kapan malam Lailatul Qadar terjadi ?. Secara khusus memang tidak dijelaskan dengan pasti kapan malam tersebut turun. Namun jika mengacu pada hadits Rasulullah Saw malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari atau malam pada bulan Ramadhan. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Saw:

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.”(HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA  Kiat Memiliki Keimanan Yang Kokoh

Kemudian amalan apa kira-kira yang harus dilakukan kaum muslimin saat terjadinya malam Lailatul Qadar?. Tentu saja ada banyak amalan baik yang wajib maupun yang sunnah yang dapat dikerjakan oleh kaum muslimin termasuk dengan berdoa. Terkait dengan doa ini seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Saw, berikut doa yang disunnahkan untuk dibaca atau diucapkan ketika datang malam Lailatul Qadar:

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadar, lantas do’a apa yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul Saw, berdoalah dengan:

Doa Lailatul Qadar 1a

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNI 

“Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Tentu saja dibolehkan menambah doa-doa selain yang disebut diatas yakni doa untuk kebaikan dan keselamatan dunia dan akhirat. Selamat menjemput malam Laitul Qadar yang penuh berkah ini . [Muhammad Fatih, dari berbagai sumber]

 

buku doa

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment