Tindak Lanjut Program Wakaf Al Qur’an, Yayasan Percikan Iman Adakan Pelatihan Metode Pengajaran Al Qur’an Metode Tilawati

2

 

PERCIKANIMAN.ID – – Sebanyak 55 orang dari 26 lembaga dakwah dan masjid se-Kabupaten Bandung Barat mengikuti  “Pelatihan Metode Pengajaran Al Qur’an Tilawati” yang diselenggarakan Yayasan Percikan Iman di Masjid Besar Lembang, Selasa-Rabu ( 13-14/6/2017).

Dalam sambutan pembukaan,Ustadz Ihsan Kamil dari Yayasan Percikan Iman menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari program Wakaf Al Qur’an dimana pada bulan Mei 2017 lalu telah dibagikan sebanyak 750 Al Quran di tempat yang sama.

promooktober

“Inilah salah satu yang membedakan Program Wakaf Al Qur’an Percikan Iman dengan yang lain. Kami bukan hanya membagikan Al Qur’an saja melainkan ada pelatihan pengajaran Al Qur’an nya juga sehingga Al Qur’an yang kita bagi betul-betul dapat dibaca dan dipahami dengan baik dan benar,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya program pelatihan pengajaran tersebut akan semakin memudahkan masyarakat khususnya yang menerima program Wakaf Al Qur’an dalam membaca dan memahami isi kandungan Al Qur’an. Selain itu diharapkan program Wakaf dan Pelatihan Pengajaran Al Qur’an tersebut sebagai upaya dalam rangka memberantas buta huruf Al Qur’an di Jawa Barat.

Sementara metode yang digunakan,ust.Ihsan menambahkan timnya menggunakan Metode Tilawati. Menurut ust.Ihsan dipilihnya metode ini karena setelah melakukan serangkaian uji coba dengan berbagai metode maka metode Tilawati yang dianggap paling tepat, cepat dan mudah dipraktikan.

“Metode Tilawati ini lah yang akhirnya kita pakai dalam pelatihan pengajaran Al Qur’an kepada para asatidz penerima Wakaf Al Qur’an,”imbuhnya.

Sementara itu Ustadz Deni selaku Ketua DKM Masjid Besar Lembang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat baik kepada Yayasan Percikan Iman yang mengadakan Program Wakaf Al Qur’an sekaligus Pelatihan Pengajaran Al Qur’an. Menurut ust.Deni pada kenyataan di masyarakat masih jarang atau sedikit yang dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah.

“Kegiatan pelatihan pengajaran Al Qur’an ini tentu sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi para guru-guru sehingga mereka dapat menularkan ilmunya kepada peserta didiknya,”ujarnya.

Untuk itu pihaknya sangat mendukung program Wakaf Al Qur’an berikut pelatihan pengajaran Al Qur’an yang diselenggarakan Yayasan Percikan Iman ini. Pihak berharap program ini bisa berkelanjutan sehingga banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya dan program membumikan serta memberantas buta huruf Al Qur’an dapat terwjud.

Para peserta juga merasakan manfaat program pelatihan pengajaran Al Qur’an ini. Beberapa peserta mengaku sangat terbantu dengan motode Tilawati yang diikutinya. Rata-rata mereka mengaku metode Tilawati ini sangat mudah dan membantu dalam mengajaran Al Qur’an kepada peserta didiknya.

“Alhamdulillah jadi lebih mudah belajar Al Qur’an begitu juga dalam teknik membaca maupun memahaminya. Insya Allah ini sangat akan membantu saya dalam mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anak,”ujar salah satu peserta dari Bandung Barat.

Para peserta mengaku sangat berterima kasih kepada Yayasan Percikan Iman selaku penyelenggara Wakaf Al Qur’an dan Pelatihan Pengajaran Al Qur’an. Selema dua hari mengikuti kegiatan pelatihan pengajaran Al Qur’an ini diharapkan akan semakin menambah wawasan dan khazanah dalam cara membaca dan memahami Al Qur’an. [ ]

Al Muasir 1a

Rep: iman

Editor: candra

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment