Momen Nuzulul Qur’an, Percikan Iman dan Radio OZ Sebar Wakaf Al Qur’an Untuk Masyarakat Bandung Timur

1

PERCIKANIMAN.ID – – Momen Ramadhan dimana di dalamnya Allah Swt menurunkan Al Qur’an atau yang juga disebut Nuzulul Qur’an terasa sangat bermakna dan juga berkesan khususnya bagi masyarakat Bandung Timur. Pasalnya, selain memperingatinya dengan tabligh akbar yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Aam Amiruddin,M.Si, para jamaah juga mendapat Al Quran yang merupakan program Wakaf Al Qur’an dari jamaah Percikan Iman dan pendengar Radio OZ.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid As Siraj Cipadung Panyileukan, Rabu (14/6/2017) tersebut dipenuhi ratusan jamaah dari berbagai wilayah yang merupakan perwakilan dari majelis taklim, pondok pesantren, masjid dan juga TPA/MDT yang berada di wilayah Bandung Timur.

Sebanyak 400 Al Quran dibagikan kepada 26 lembaga yang sangat membutuhkan. Penyerahan langsung disampikan oleh Ustadz Aam Amiruddin disaksikan oleh KH.Bahrul Rifai selaku Ketua MUI Kec.Panyileukan.  Tabligh akbar Nuzulul Quran mengambil tema “BERSAMA MEMBUMIKAN AL-QURAN” yang langsung disampaikan oleh Ustadz Aam. Pesan inti dari Ustadz Aam adalah menjadikan momentum Ramadhan untuk belajar membaca, mempelajari dan memahami serta mengamalkan Al Qur’an.

“Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran maka alangkah bermaknanya jika kita maksimalkan untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an. Bagi yang sudah mempunyai Al Qur’an bisa dimanfaatkan juga untuk berbagi, berbagi cara membacanya termasuk berbagi Al Qur’an yakni ikut dengan program wakaf,” ajak ustadz Aam.

Tak lupa Ustadz Aam juga menyampaikan agar Al Qur’an yang dibagikan tersebut bukan sekedar dijadikan “hiasan” melainkan harus di baca,dipahami dan diamalkan. Sebab, sambung ustadz Aam, Al Qur’an Almuasir yang dibagikan tersebut disertai denga terjemah yang mudah dipahami juga disertai tajwid warna sehingga sangat membantu kaum muslimin semua.

“Bagi yang belum bisa membaca atau belum lancar setelah ini akan ada kegiatan pelatihan pengajaran Al Qur’an sehingga tidak ada alasan jika masih sulit membaca Al Qur’an,”pesannya.

Sementara dalam sambutan sebelumnya KH.Barul Rifai selaku Ketua MUI Kec.Panyileukan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. Menurut KH.Bahrul program Wakaf Al Qur’an yang disertai dengan Program Pelatihan dan Pengajaran Al Qur’an yang diselenggarakan Yayasan Percikan Iman ini sangat membantu masyarakat muslim khususnya di daerah terpencil atau yang kesulitan mempunyai Al Qur’an karena tak mampu beli.

BACA JUGA  Waspadai Retinopati Diabetik Serang Usia Produktif

“Program ini sangat bagus dan bermanfaatkan sekali dimana bukan hanya memberikan Al Qur’an tetapi juga ada program pelatihannya sehingga masyarakat khususnya para guru pembimbing dapat belajar dan menyebarkannya kepada anak didiknya,”harapnya.

KH.Bahrul Rifai menambahkan dengan adanya   program Wakaf Al Qur’an yang disertai dengan Program Pelatihan dan Pengajaran Al Qur’an oleh Yayasan Percikan Iman ini akan mempercepat program pemberantasan buta Al Qur’an.

Terkait hal ini ustdz Ihsan Kamil dari Yayasan Percikan Iman menjelaskan salah satu keunggulan program wakaf Al Qur’an jamaah Percikan Iman dan Radio OZ ini selain Al Quran yang dibagikan adalah Al Quran Almuasir yang disertai terjemahannya juga disertai dengan program bimbingan dan pelatihan baca Al Qur’an Metode Tilawati.

“Selain Al Quran Almuasir yang disertai terjemah yang mudah dipahami,kita juga melakukan bimbingan dan pembinaan baca Al Qur’an yakni metode. Program wakaf ini tidak sebatas hanya pemberian atau pembagian Al Qur’an saja melain hingga pembinaan atau pengajaran Al Qur’an,”jelasnya.

Setelah kegiatan penyerahan wakaf Al Qur’an ini akan ditindaklanjuti dengan training membaca Al Qur’an dengan metode Tilawati bagi para pengajar atau guru. Rencananya pelatihan tersebut insya Allah akan berlangsung 20 – 21 Juni mendatang.

Dengan adanya program pengajaran Al Quran ini, menurut Ustadz Ihsan diharapkan program wakaf Al Quran ini mempunyai manfaat yang maksimal baik yang mewakafkan Al Quran (muwakif) maupun penerima Al Quran. Ustadz Ihsan menambahkan program wakaf ini juga salah satu bagian dari upaya membumikan Al Qur’an sekaligus memberantas buta Al Qur’an. [ ]

Al Muasir 1a

Red: iman

Editor: candra

Foto: tim pi

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment