Bagaimana Seharusnya Memperingati Malam Turunnya Al-Qur’an?

bulan baru

Bagaimana kita seharusnya menyemarakkan malam ke-17 di bulan Ramadhan atau yang lebih dikenal dengan malam nuzulul quran? Kebiasaan di lingkungan sekitar tempat saya tinggal adalah dengan mengadakan khataman atau lebih tepatnya adu cepat khatam Al-Quran dengan tanpa memperhatikan makhraj dan tajwid. Bagaimana sebenarnya yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw., Ustadz?

 

Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua ulama menyepakati turunnya al-Quran pada tanggal 17 Ramadhan. Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa turunnya Al-Quran pada 21 Ramadhan, atau bahkan setelah tanggal itu, mengingat turunnya Al-Quran bersamaan dengan turunnya Lailatul-Qadar. Berdasarkan pada sejumlah riwayat, Lailatul-Qadar turun pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

promo oktober

Terlepas dari perbedaan tersebut, sikap terbaik yang mesti dilakukan adalah mengisi setiap hari pada bulan Ramadhan dengan meningkatkan amalan saleh. Tidak terdapat contoh khusus dari Rasulullah untuk mengutamakan Ramadhan, satu malam dari yang lainnya, selain beliau senantiasa mengisinya dengan penuh kekhusuan dan terus meningkatkannya ketika menjelang 10 hari terakhir, salah satunya dengan itikaf. Wallahu a’lam

(Visited 4 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment