Mimpi Basah Siang Hari Bulan Ramadhan, Bagaimana Shaumnya?

mandi

Jika pada saat tidur siang di bulan Ramadhan kita mimpi basah dan akhirnya keluar sperma, apakah shaum yang kita lakukan dikategorikan batal? Mohon penjelasannya.
Telah disepakati bersama bahwa yang membatalkan shaum itu adalah makan, minum, dan jima’ (bersetubuh). Kalaupun terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal-hal yang membatalkan shaum, lebih pada hal-hal yang bersifat pengembangan dari ketiga jenis yang membatalkan tersebut (misalnya, muntah, menggosok gigi, dan lain sebagainya), semua dikembalikan kepada pokok permasalahannya, yaitu apakah hal tersebut termasuk pada kategori tiga pembatal shaum (makan, minum, dan jima’ ) atau tidak.

Termasuk, mimpi basah yang Anda ditanyakan. Untuk menjawabnya, kita tinggal mengembalikannya pada salah satu dari tiga pokok pembatal tadi, yaitu jima’. Dalam hal ini, apakah mimpi masuk dalam kategori jima’ atau tidak?

promooktober1

Perlu diketahui bahwa jima’ yang dimaksud sebagai pembatal wudhu adalah hubungan suami-istri yang dilakukan sampai terjadinya dukhul (penetrasi), baik sampai mengeluarkan sperma atau tidak. Dengan pengertian itu, maka dipastikan bahwa mimpi basah tidak termasuk dalam kategori jima’ meskipun keluar air mani. Ketika mimpi basah, Anda hanya diwajibkan mandi junub manakala hendak melakukan shalat, namun tidak sampai membatalkan shaum Ramadhan yang tengah dikerjakan. Wallahu a’lam

(Visited 4 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment