Bagaimana Ketika Azan Maghrib Berbeda-beda?

jamdinding

Ustadz, setiap tiba waktu Maghrib di bulan Ramadhan, saya kerap bingung. Masjid di dekat rumah saya kadang azan Maghrib-nya telat dibandingkan azan di radio maupun televisi. Saya kadang ragu untuk berbuka, apakah mengikuti azan di radio atau menunggu azan dikumandangkan dari masjid dekat rumah? Demikian halnya dengan waktu Subuh yang berbeda antara azan yang dikumandangkan di radio dan di masjid dekat rumah. Mohon pandangannya.

 

Ibadah shaum memang merupakan ibadah yang berbatas waktu sehingga awal dan akhirnya harus betul-betul terjaga dari melewati batas yang ditetapkan. Awal berpuasa ditandai dengan masuknya waktu Subuh dan akhir berpuasa ditandai dengan masuknya waktu Maghrib.

Memang, keumuman umat Islam mengetahui tanda masuk waktu shalat, khususnya Subuh dan Maghrib adalah dengan dikumandangkannya azan. Ketika azan tiba, maka otomatis orang mengetahui bahwa waktu shalat telah tiba.

Mengetahui waktu dengan kumandang azan sebenarnya sudah cukup. Hanya saja, masih mengandung kemungkinan sang muazin keliru dalam melihat kalender penunjuk waktu shalat, salah melihat jam, atau jamnya sendiri kebetulan sedang ada kerusakan.

Untuk itu, ada baiknya kita membuat pembanding dalam menentukan waktu shalat dengan memiliki kalender yang memuat jadwal waktu shalat dan jam sendiri yang dijamin masih berfungsi dengan baik.

Jika azan masjid atau media radio atau tv tidak juga sesuai dengan penentu waktu yang kita miliki sehingga membuat kita ragu, maka sebaiknya ambillah yang lebih yakin. Kalau waktu Subuh lebih baik ambil mana yang lebih dahulu, apakah penentu waktu shalat yang kita miliki atau azan. Untuk waktu Maghrib, ambil mana yang terakhir. Jika azan yang lebih dulu, maka penentu waktu kita sendiri yang kita pakai.
Wallahu a’lam.

 

BACA JUGA  Hukum Puasa Sunnah di Awal Bulan Rajab

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Bagaimana Ketika Azan Maghrib Berbeda-beda?”

  1. Dadan

    Pak Ustadz, mau tanya. Bagaimana hukum wanita haid menjadi MC di dalam mesjid? Terimakasih.

Leave a Comment