Tips Atasi Rasa Lapar Saat Puasa Ramadhan

Piring Kosong 2

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu tantangan yang dihadapi saat orang menjalankan ibadah puasa adalah menahan rasa lapar dan haus. Memang tidak mudah, tetapi Anda perlu menghadapinya selama sebulan hari berpuasa. Seperti dikutip dari okezone, Selasa (9/5/2017), Desi Nur Arista, ahli nutrisi, memberikan beberapa tips untuk malawan rasa lapar saat puasa. Bahkan, cara ini bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Ubah kebiasaan pola makan

“Frekuensi makan yang tadinya lebih sering menjadi lebih berkurang. Juga mengurangi porsi makan yang tadinya porsi kecil menjadi porsi lebih besar (saat puasa),” ujar Desi.

Dalam hal ini ia menyarankan agar saat makan sahur jangan lupa menyertakan variasi makanan kaya akan serat, terutama sayur dan buah. Pasalnya, serat dapat membantu tubuh merasakan kenyang yang lebih lama.

  1. Beraktivitas

Sebaiknya, saat berpuasa tetap melakukan aktivitas fisik. Misalnya, membersihkan rumah, mengurus tanaman, membaca buku, atau menyelesaikan pekerjaan lain. Cara ini mampu membantu pikiran lebih fokus dan melupakan rasa lapar di kala puasa.

Al Muasir 2

  1. Jalan santai

Tidak ada salahnya berolahraga jalan santai untuk membakar lemak saat puasa. Jalan santai bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan tubuh pada umumnya. Melakukan hobi Bila Anda memiliki hobi khusus, misalnya menulis, bermain musik, atau hobi olahraga yang low impact, lakukanlah. Melakoni hobi dapat menjadi strategi yang baik untuk mengalihkan diri dari rasa lapar saat berpuasa.

  1. Meditasi atau muhasabah

Momen Ramadhan saat tepat dan penting untuk melakukan meditasi atau muhasab diri. Dsaat berpuasa Anda bisa merasakan langsung bagaimana rasanya kaum miskin yang tidak makan dan menahan lapar seharian. Meditasi merupakan salah satu cara untuk melawan rasa lapar. Rutin menjalankannya dapat mempromosikan rasa santai dan tenang dalam diri Anda.[ ]

BACA JUGA  Hukum Menerima THR Dari Masjid

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi : pixabay

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment