Tips Membangkitkan Selera Makan Sahur

Oleh: dr. Nur Fatimah, SpGK, MS*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Pertanyaan penting berkenaan dengan makan sahur adalah “Apa yang harus dikonsumsi dan berapa banyak asupan yang dibutuhkan?” Umumnya, kita sangat malas dan tidak ada selera untuk makan sahur sedangkan pada saat berbuka, nafsu makan berlebihan yang kalau diperturutkan akan membuat malas melakukan aktivitas (semisal tarawih) dan cepat mengantuk.

Berkaitan dengan hal ini, berikut beberapa tips untuk membangkitkan selera makan saat sahur.

  1. Dahului dengan minum hangat.
  2. Bila waktunya cukup, Anda dapat mengkonsumsi buah terlebih dahulu, beristirahat sebentar, baru kemudian menyantap makanan utama yang terdiri dari sumber energi.
  3. Dianjurkan Anda mengkonsumsi sumber energi yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti nasi yang memerlukan waktu cerna lebih lama sehingga penyerapan makanan dilakukan secara bertahap. Hal ini akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dan tubuh lebih fit. Jika bosan, Anda sekeluarga juga bisa mengkonsumsi oatmeal dengan kadar serat yang cukup sebagai alternatif pengganti nasi.
  4. Kebutuhan tubuh akan bahan makanan sumber protein dapat dipenuhi dengan berbagai pilihan protein hewani dan kacang-kacangan (serta produk turunannya). Untuk penderita hiperkolesterol, Anda dapat memilih lauk yang rendah lemak seperti putih telur, ikan, daging ayam tanpa kulit, atau seminggu 2 kali dapat mengkonsumsi daging tanpa lemak. Protein tumbuhan dapat dipakai dengan berbagai variasi kacang-kacangan, tahu, tempe, atau menggantinya dengan hidangan bubur kacang hijau.
  5. Al Muasir 1aSayur sebaiknya jangan dilewatkan setiap kali makan. Banyak keutamaan zat gizi yang terkandung dalam sayur, semisal vitamin dan zat fitokimia lain dengan fungsi beragam seperti membantu pembentukan energi, membantu pembentukan protein baru, menetralkan radikal bebas, dan beberapa berfungsi pada sistem kekebalan dan kerusakan sel.
  6. Bahan makanan sumber lemak sebagai sumber energi didapat secara tidak langsung dari hidangan yang dibuat dengan menggunakan minyak goreng, margarin, roombutter, lemak hewani, salad dressing, bumbu pecel/pindakaas. Selain itu, sumber lemak juga bisa kita dapatkan dari telur, daging, unggas, susu, makanan kecil/snack, keripik/kerupuk.
  7. Pengolahan hidangan sahur harus dibuat bervariasi untuk menjaga selera makan. Makanan berkuah seperti sup dan variasi sayur bening dinilai banyak membantu membangkitkan selera makan sahur.
  8. Pengolahan makanan sumber protein juga harus dibuat berbagai variasi. Makanan yang digoreng kering umumnya lebih menggugah selera. Namun demikian, sebaiknya cukup satu menu makan saja yang digoreng kering untuk mengontrol asupan minyak,
  9. Makanan yang berair akan menambah asupan cairan. Kebutuhan cairan harus terpenuhi karena akan berakibat kurang baik bila konsumsi di bawah kebutuhan. Semua sistem tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk dapat bekerja dengan baik.
  10. Susu dapat dikonsumsi terutama pada masa pertumbuhan atau untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa dan lanjut usia.

 

Makan sahur bagi sebagian kalangan khususnya anak-anak yang baru belajar puasa akan terasa berat dan kurang berselera. Namun jika mengetahui tips maka kegiatan sahur selain akan mengundang keberkahan juga akan terasa menyenangkan. Selamat mencoba. [ ]

 

*Penulis adalah konsultan gizi 

promooktober

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: [email protected] atau: [email protected]  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment