Tips Mencegah Kulit Kering Saat Berpuasa

bersalaman

PERCIKANIMAN.ID – – Tak bisa dipungkiri saat berpuasa, siklus asupan tubuh jadi terbatas. Termasuk pada kebutuhan cairan yang dapat dipenuhi hanya pada waktu berbuka hingga menjelang berpuasa (imsak). Karenanya, hal tersebut perlu disiasati dengan tepat agar puasa pun jadi nyaman, bebas hambatan dan tubuh tetap fit.

Salah satu kondisi yang dapat dirasakan karena perubahan siklus tersebut adalah kulit kering. Untuk mencegahnya, dr. Pandu Pradana SpKk pun memberi tips bagaimana memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa. Berikut pemaparan yang disampaikannya dalam seminar media bertema “Ramadhan, Momen Tepat untuk Tingkatkan Kesehatan ” di Jakarta seperti dikutip dari okezone, belum lama ini.

  • Penuhi kebutuhan air dalam sehari

Saat berpuasa, kebutuhan air minum dalam keseharian harus tetap terpenuhi. Caranya adalah tetap konsumsi air minum sesuai anjuran. Paling tidak 1,8 liter sampai 2 liter setiap hari.

“Kebutuhan air minum bisa dipenuhi saat berbuka hingga imsak. Kebutuhan perharinya sama, tidak ada bedanya,” ujar dr. Pandu.

Al Muasir 1a

  • Kurangi minuman manis dan kafein

Perlu diketahui, kebutuhan cairan tubuh hanya dapat dipenuhi dengan air putih dan tidak dapat digabungkan dengan minuman manis dan berkafein. Sebab, minuman manis dan kafein dapat menarik cairan dan mineral yang ada di dalam tubuh. Sehingga efeknya bukan untuk mencukupi ciaran tapi malah cenderung membuat tubuh dehidrasi.

promooktober
  • Mandi

Selain membuang kotoran, tujuan dari mandi juga untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering. Namun disarankan untuk menghindari mandi dengan air panas dan cukup air bersuhu hangat-hangat kuku. Kemudian jangan lupa pakai pelembap untuk memberi perlindungan ekstra dalam menjaga kelembapan kulit. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

REKOMENDASI

Leave a Comment