Amalan Sunah Di Bulan Ramadhan Yang Harus Ditingkatkan

Assalamu’alaykum. Pak Ustadz mohon penjelasannya tentang amalan apa saja yang seharusnya kita perbanyak di bulan Ramadhan selain puasa?. Terima kasih (Novarina by email)

 

 

Wa’alaykumsalam wr wb. Iya Ibu Nova dan pembaca sekalian insya Allah sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang mulia. Hal ini perlu kita syukuri karena ini adalah sebuah karunia dari Allah Swt yang sangat besar, sebab tidak semua orang dapat bertemu dengan Ramadhan tahun ini dan berkesempatan menunaikan ibadah puasa.

Selama Ramadhan ini hendaknya kita maksimalkan seluruh ibadah baik yang sunnah maupun yang wajib. Namun ada sejumlah ibadah yang benar-benar ditingkatkan oleh Nabi Saw. di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Kedermawanan

“Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari)

  1. Tadarus Al Quran

“Malaikat Jibril biasa menemui Rasulullah saw. setiap malam pada bulan Ramadhan,  lalu mudarasah (menelaah) isi Al Quran.” (H.R. Bukhari)

promo oktober
  1. Shalat Tarawih 11 Rakaat

Aisyah r.a. pernah ditanya, “Bagaimana cara shalat Rasulullah saw. pada malam bulan Ramadhan? Ia menjawab, “Tiadalah Rasulullah saw. menambah pada bulan Ramadhan, juga pada bulan lainnya atas sebelas rakaat. Beliau shalat empat rakaat, jangan bertanya tentang banyak dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat rakaat, jangan bertanya tentang baik dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga rakaat.” (H.R. Bukhari)

  1. I’tikaf

I’tikaf artinya menahan diri di masjid untuk melakukan ibadah kepada Allah swt. Dengan i’tifak seseorang mengikatkan diri kepada Allah swt., memusatkan perhatian dan penghayatan untuk membina hubungan mesra dengan Allah.

Rasulullah saw. biasanya melakukan i’tikaf selama sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Menurut hadis riwayat Abu Dawud, orang yang beri’tikaf tidak menengok orang sakit, tidak menghadiri jenazah, tidak mencumbu istri, dan tidak boleh keluar dari masjid kecuali untuk keperluan pokok misalnya buang air besar, buang air kecil, dan mandi. Bahkan makan pun diantarkan ke masjid.

Itulah di antara amalan-amalan yang ditingkatkan Nabi Saw. saat bulan Ramadhan. Intinya marilah kita maksimalkan ibadah di bulan Ramadhan ini baik yang sunnah maupun yang wajib dengan sebaik-baiknya. Semoga kita bisa melaksanakan sunah Nabi Saw. dengan sebaik-baiknya. Semoga menjadi Ramadhan terbaik dalam hidup kita. Amin. Selamat menunaikan ibadah Ramadhan. Wallahu’alam. [ ]

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

REKOMENDASI

Leave a Comment