Tips Agar Ibu Hamil Lancar dan Aman Berpuasa

 

PERCIKANIMAN.ID – – Bagi wanita hamil mungkin akan timbul perasaan galau saat menjelang puasa, apakah dia diperbolehkan puasa atau tidak?. Meski secara fikih wanita yang hamil diperbolehkan untuk tidak menjalankan puasa dengan mengganti fidiyah namun sayang juga jika bulan yang mulia dan penuh barokah ini dilewatkan begitu saja.

Ternyata Anda masih boleh berpuasa kok, asal bisa memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri dan janin. Seperti yang dijelaskan dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Riyan Hari Kurniawan SpOG mengatakan, wanita hamil memiliki kondisi yang akan membedakan dalam penentuan hukum untuk puasa. Syaratnya tidak mengganggu tumbuh kembang janin semasa di kandungan.

Al Muasir 2

“Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan ibu dan janin, ketika dinyatakan keduanya sehat boleh berpuasa. Tapi tipsnya ibu harus bisa mencukupi kebutuhan gizi selama berbuka puasa,” kata dr Riyan seperti dikutip dari okezone, Rabu (18/5/2017).

Hanya, tambah dr Riyan, pemenuhan gizi janin dipindahkan waktunya di malam hari. Di antara waktu berbuka dan sahur, Anda harus melengkapi gizi yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan lainnya. Tetapi jangan paksakan puasa bila ibu hamil mengalami penyakit diabetes gestasional, memiliki riwayat hipertensi, mengalami perdarahan, dehidrasi, atau menderita gangguan sistem pencernaan.

“Jika ibu hamil merasakan gangguan kondisi kesehatan, sebaiknya jangan puasa,” tutupnya. [ ]

promo oktober

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

REKOMENDASI

Leave a Comment