Apa Doa Buka Puasa Yang Benar?

Assalamu’alaykum.Ustadz, mohon rekomendasi doa berbuka yang sahih. Saya bingung karena ada banyak sekali keterangan tentang doa berbuka puasa namun saya kurang paham doa mana yang termasuk sahih? Selama ini, saya membaca doa Allahumma laka sumtu saat berbuka puasa. Apakah puasa kita sah seandainya doa berbukanya salah?. Terima kasih. ( Vina by email)

 

Wa’alaykumsalam wr wb. Iya Ibu Vina dan pembaca sekalian pada prinsipnya, dalam beribadah kita mengenal istilah ibadah mahdah yang tata cara mau pun bacaannya harus sesuai dengan contoh Rasul dan ghair mahdah yang tata caranya diserahkan kepada kita selama tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada.

Sementara berkaitan dengan doa, kita mengenal doa matsurat dan doa ghair matsurat. Doa matsurat adalah doa yang redaksinya sudah ditentukan dan tertuang dalah sejumlah ayat Al-Qur’an atau pun hadis. Sedangkan, doa ghair matsurat adalah doa yang kita diberi kebebasan untuk menyusun redaksi doa tersebut.

Dalam shalat misalnya, kita membaca sejumlah doa yang memang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah redaksinya barang sedikit pun. Karena, shalat termasuk ke dalam ibadah mahdah dan bacaan di dalamnya terkategori doa matsurat. Ada pun berdoa saat berbuka puasa masuk ke dalam kategori ibadah ghair mahdah dan doanya termasuk doa ghair matsurat yang kita boleh melafazkan doa apa pun, dalam bahasa apa pun (tidak harus bahasa Arab).

Mengenai keumuman di masyarakat kita yang membaca doa Allahumma laka sumtu saat berbuka puasa, sebenarnya keterangan yang merekomendasikan doa tersebut tergolong dalam hadis doif. Meski demikian, teks doa tersebut masih dapat kita gunakan mengingat berdoa saat berbuka masuk ke dalam ibadah ghair mahdah dan bacaannya masuk ke dalam kategori doa ghair matsurat.

Jadi, saat berbuka puasa kita bisa membaca doa:

 

[Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika afthortu]
(Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka)

 

Akan tetapi, jika Anda ingin mengamalkan keterangan yang shahih, berikut doa berbuka puasa yang saya rekomendasikan.

 

 

[Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah]
“Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (H.R. Abu Daud)

 

Lalu apakah sah puasa kita seandainya doa kita tidak seperti itu?. Menurut saya tentu saja sah karena doa sendiri bukan dari syarat sahnya puasa. Niat kita berpuasa kemudian saat berbuka tiba niatkan untuk berbuka puasa. Jadi  jangan kawatir seandainya karena lupa atau Anda tidak berdoa seperti dalam hadits tersebut. Wallahu a’lam. [ ]

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: animasi.com

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/.

 

(Visited 82 times, 4 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Apa Doa Buka Puasa Yang Benar?”

  1. Yetiaryati

    Assalaamu’ alaikum wr.wb.saya mau bertanya ttg hukum pria memakai emas.ada yg bilang kalau emas kuning tdk boleh tapi emas putih boleh mana yg benar jzklah sebelumnyabatas perhatiannya wassalamu’ alaikum wr.wb

Leave a Comment