Manfaat Puasa Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan

puasa sehat

PERCIKANIMAN.ID – – Tidak hanya bermanfaat bagi kebaikan spiritual, berpuasa juga menuai manfaat untuk kesehatan secara fisik. Puasa juga mengajarkan kita untuk bersyukur akan apa yang telah kita dapatkan selama hidup.

“Selain menahan makan dan minum, puasa secara rohani dan spiritual menahan diri dan menahan hawa nafsu. Biar semuanya balance secara spiritual dan tubuh.” terang ahli nutrisi, Desi Nur Arista seperti dikutip dari okezone ,Selasa (9/5/2017).

Desi mengatakan, berpuasa dapat melatih seseorang untuk mengubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat. Ketika berpuasa. energi dalam tubuh dialihkan dari sistem pencernaan ke sistem imun dan proses metabolik. Inilah yang membuat tubuh memulihkan diri secara otomatis.

Al Muasir 2

Selain itu, berpuasa dapat mengubah sintesis protein menjadi sel-sel jaringan dan organ tubuh menjadi lebih sehat. Desi menambahkan pula, berpuasa dapat meningkatkan kualitas kerja sistem pencernaan tubuh, terutama dalam penyerapan nutrisinya.

“Sistem pencernaan menjadi lebih efisien dalam mencerna, serta menyerap zat gizi. Selain itu, mereka dapat mengeksresikan zat-zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh,” ujar Desi.

donasi perpustakaan masjid

Puasa memberi pengaruh pada hormon-hormon di dalam tubuh, salah satunya menurunkan kadar insulin, gula darah, dan kolesterol. Dalam kondisi puasa, tubuh beradaptasi untuk menstabilkan kadar hormon lapar atau ghrelin. Dengan demikian, Anda akan terlatih mengontrol nafsu makan di saat Bulan Ramadhan.

“Hal inilah yang membantu mendetoksifikasi tubuh kita saat berpuasa. Semuanya akan menjadi normal dan menjadi lebih baik. Terutama untuk kita yang memiliki pola makan kurang baik, kita akan menjadi lebih sehat saat berpuasa,” tukasnya. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: sly

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment