Yuk, Belajar Bahasa Arab Online

internet

PERCIKANIMAN.ID – Dalam kurun waktu beberapa pekan lagi,  bulan Ramadhan akan tiba.  Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mengupgrade diri dengan lebih giat mempelajari Islam, tentunya dengan penerapan ilmu dan amal.

Sobat semua, Al-Qur’an yang berbahasa Arab adalah wahyu Allah. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan dasar-dasar Islam ini tidak akan tercapai dengan baik kecuali jika Al-Qur’an itu dipahami dengan bahasanya sendiri.  Tidak perlu diragukan lagi, memang sepantasnya seorang Muslim mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya. Allah Swt. telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa yang terbaik yang pernah ada.

Ibnu Katsir menerangkan dalam tafsirnya bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas dan maknanya lebih mengena, lagi cocok untuk jiwa manusia. Berikut ini adalah keuntungan dan kebaikan ketika belajar bahasa Arab:

• Bahasa Arab merupakan bagian dari agama ini. Ibadah-ibadah, baik shalat, doa, membaca Al-Qur’an serta banyak sekali syiar Islam akan terpenuhi dan sempurna dengan mempelajari bahasa Arab.

• Memahami bahasa Arab menjadikan kita selamat dari syubhat-syubhat dan bidah. Imam Syafi’i berkata, “Tak seorang pun akan mengetahui jelasnya ilmu-ilmu dalam Al-Qur’an selama orang itu tidak mengetahui luasnya bahasa Arab, luasnya cakupannya, luasnya masalah dan tingkatannya. Barang siapa memahaminya, maka dia akan selamat dari terkena syubhat seperti yang terjadi pada orang-orang yang tidak memahaminya.”

promooktober1

• Paham bahasa Arab adalah salah satu dari sebab-sebab kemudahan.

• Bahasa Arab merupakan syiar Islam, bagian dari Islam dan bahasa Arab merupakan syiar yang paling besar yang dengannya menunjukkan kelebihan mereka.

• Kuatnya bahasa Arab merupakan salah satu sebab kemuliaan Islam dan kaum Muslim.

• Bahasa Arab merupakan sarana terkuat untuk mewujudkan persatuan atau hubungan di antara umat Muslim.

Pengajaran bahasa Arab merupakan sarana terpenting guna mewujudkan peradaban Islam dan dengan bahasa akan mengangkat peradaban pemilik bahasa tersebut.

Kecanggihan iptek saat ini mampu menghadirkan guru melalui media apa pun. Salah satunya melalui internet. Dibutuhkan semangat proaktif dan istiqamah sehingga akan memudahkan belajar bahasa Arab via online maupun offline. Contoh situs dan programnya adalah sebagai berikut:

1. Badar Online (www.badaronline.com)

Dibuat oleh “Tim Badar Online” dengan semangat untuk memberikan kontribusi positif kepada umat dalam upaya pembelajaran bahasa Arab yang sangat agung dan indah melalui dunia maya dengan metode belajar yang mudah dan sistematis.

2. Arabindo (www.arabindo.co.nr)

Program “Arabindo” dirancang sebagai program belajar mandiri yang mudah dipelajari oleh orang yang paling awam dalam bahasa Arab sekalipun. Dengan modal rajin membaca Al-Qur’an, sangat besar peluang untuk bisa berbahasa Arab, yang merupakan bahasa Al-Qur’an al-Karim, bahasa al-Hadits asy-Syarif, dan bahasa persatuan umat Islam sedunia. Selain web juga mempunyai alamat socio di facebook.com/myarabindo

3. Kamus bahasa Arab (kamus.javakedaton.com)

Situs ini mempunyai fitur yang unik, yakni Sms Arabic, Kamus Arab Indonesia, Terjemahan, dan pencarian tulisan Arab.

4. Aldakwah (pba.aldakwah.org)

Program bahasa Arab disajikan adalah untuk mencapai sasaran kemampuan membaca, memahami bacaan, berbicara, penguasaan nahwu dan sharaf serta kosa kota. Program ini dibagi menjadi beberapa mustawa (tingkatan), yaitu tingkat mubtadi’ (dasar), mutawassit (menengah), dan mutaqaddim (lanjutan). Setiap tingkatan dibagi lagi menjadi beberapa pelajaran.

5. Arabuna (www.arabuna.com)

Sebuah web yang menawarkan Software Belajar Bahasa Arab dari nol merupakan sebuah aplikasi interaktif yang didesain untuk memberikan kemudahan dan pengalaman yang “berbeda” dalam pembelajaran bahasa Arab. (Yudha Yudhanto)

REKOMENDASI

Leave a Comment