Hukum Makan Dengan Tangan Kiri

Assalamu’alaykum. Pak ustadz mohon nasihat dan bimbingannya, sejak kecil saya mempunyai kebiasaan makan dengan menggunakan tangan kiri (kidal). Setahu saya Islam tidak mengajarkan makan dengan tangan kiri. Tapi saya sendiri sudah cukup nyaman makan menggunakan tangan kiri. Apakah kebiasaan ini berdosa dan bertentangan dengan akhlak yang islami? Terima kasih. (Okky by email)

 

Wa’alaykumsalam wr wb. Iya saudara Okky dan pembaca sekalian, menurut kajian ilmu sosial berdasarkan penelitian bahwa kidal atau menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas itu  adalah kultur atau kebiasaan dalam sebuah masyarakat. Menurut studi tersebut menyimpulkan bahwa kidal terbentuk karena lingkungan dan kebiasaan yang berlau. Namun juga ditemukan bahwa kidal juga bisa disebabkan karena pengaruh genetik dalam hal ini biologis.

Sebagaimana kita ketahui di negara-negara barat masyarakatnya tidak membedakan antara tangan kanan dan kiri, sedangkan di Asia dibedakan antara tangan kanan dan kiri. Jadi, menurut saya permasalahan kidal itu hanya karena kultur semata.

Dalam ajaran Islam sendiri Rasulullah Saw telah memberikan contoh bagi umatnya agar menggunakan tangan kanan atau bagian anggota tubuh sebelah kanan dalam perkara-perkara baik atau penting. Sementara tangan kiri, beliau menggunakannya untuk hal-hal yang bersangkut-paut dengan yang kotor-kotor atau najis. Hal ini mengacu pada perkataan ‘Aisyah r.a. yang telah menceritakan:

Bahwa tangan kanan Rasulullah dipergunakan dalam bersuci dan makan. Adapun tangan kirinya ia pakai untuk membersihkan bekas kotoran dari buang hajat dan perkara-perkara yang najis (najis)” (HR.Abu Dawud)

kalender percikan iman 2018

Buku Sudah Benarkah Shalatku

Menanggapi hadits ini Imam an-Nawawi menyampaikan  disunnahkan bagi kaum muslimin untuk menggunakan tangan kanannya dalam perkara-perkara yang mengandung segi kemuliaan dan kebaikan. Sementara disunnahkan agar menggunakan tangan kiri dalam urusan yang mengandung kejelekan hal buruk.

Dalam praktiknya tangan kanan atau anggota tubuh bagian kanan disunnahkan untuk melakukan hal-hal yang bersifat kebaikan seperti makan, minum, berjabat tangan dan sebagainya. Sementara tangan kiri digunakan untuk membersihkan kotoran atau menyingkirkan benda najis di jalan misalnya.

Ada beberapa hadits yang menerangkan agar kita senantiasa menggunakan tangan kanan untuk hal kebaikan termasuk makan dan minum. Demikian juga tentang larangan untuk menggunakan tangan kiri untuk kebaikan termasuk larangan makan dan minum dengan tangan kiri.

banner almuasir

Berkenaan dengan cara mengamalkan hadits tersebut maka molusinya cobalah membiasakan diri untuk menggunakan tangan kanan saat makan. Mungkin pada tahap awal Anda akan merasa kikuk atau sulit namun dengan kesabaran tentu bukan sesuatu yang mustahil untuk dapat makan dengan tangan kiri. Tetapi, kalau tidak bisa atau mengalami kesulitan yang luar biasa  makan tidak usah dipaksakan, khawatir menjadi tertekan. Tangan kiri boleh digunakan bagi orang yang terkendala menggunakan tangan kanan.

Setahu saya hukum makan menggunakan tangan kiri tingkat derajat haditsnya tidak sampai derajat haram. Namun sangat disunnahkan makan untuk menggunakan tangan kanan. Tentu harus kita yakini apa yang disunnahkan atau dianjurkan oleh Rasulullah Saw tentu saja membawa kebaikan baik dan bernilai ibadah serta salah satu tanda ketaatan kita kepada teladan Rasulullah Saw. Wallahu’alam. [ ]

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: khazanahmuslimah

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

REKOMENDASI

Leave a Comment