Berwudlu Di Tempat Terbuka Bagi Muslimah

muslimah

Assalamu’alaykum. Pak ustadz, alhamdulillah saya sudah istiqomah untuk terus berjilbab. Namun ada sedikit pertanyaan bagaimana cara wudlu kalau sedang berada di tempat wudlu yang terbuka atau tidak ada tempat wudlu khusus wanita? Apakah saya perlu membuka kerudung?. Mohon penjelasannya dan terima kasih (Marina by email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam wr.wb. Iya teh Marina dan pembaca sekalian, pertanyataan ini juga sering ditanyakan ke saya saat sedang ceramah. Namun tidak ada salahnya dan biar jelas kita bahas lagi. Bagi Anda kaum muslimah untuk berwudlu di tempat terbuka atau tidak ada tempat wudlu khusus bagi muslimah maka Anda tidak perlu membuka kerudung atau bagian aurat lainnya.

Caranya usap saja kepala Anda sambil tetap berkerudung, begitu pula kaki Anda cukup diusap bagian atasnya dengan tetap berkaos kaki atau bersepatu. Pendapat ini merujuk pada keterangan berikut. Amr Ibnu Umayyah r.a. yang berkata,

“Aku pernah melihat Rasulullah saw. mengusap sorban dan kedua sepatunya ketika wudlu.” (H.R. Bukhari,  Ahmad,  dan Ibnu Majah).

Dari keterangan ini sebagian ulama fiqih menjelaskan bahwa Nabi Saw pernah mengusap sorbannya saat berwudlu sehingga dijadikan dalil bolehnya mengusap kepala saat berkerudung. Ini bisa dijadikan dalil bahwa  bagi wanita yang berwudlu di tempat terbuka agar terjaga auratnya, maka kerudung dan kaus kakinya tidak usah dibuka, tetapi cukup diusap. Meski demikian sebaiknya Anda berwudlu tidak bercampur atau berdesakan dengan kaum pria. Tunggu beberapa saat sampai lowong atau longgar atau tidak ada kaum pria yang wudlu disitu.

promooktober1

Untuk membahasa persoalan wudlu ini Anda dapat membaca buku saya yang berjudul ”SUDAH BENARKAH SHALATKU” dimana didalamnya juga dibahas bab thaharah atau berwudlu. Anda bisa menghungi hotline 0811-2202-496 jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan buku tersbeut. Semoga bermanfaat. Wallahu ’alam. [ ]

Buku Sudah Benarkah Shalatku

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

(Visited 6 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment