Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan

Ramadhan Sebentar Lagi 2

 

PERCIKANIMAN.ID – –  Tinggal hitungan hari saja kaum muslimin akan memasuki bulan yang penuh berkah, ampunan dan kemulian yakni bulan Ramadhan. Sebagai seorang yang beriman tentu tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut berlalu tanpa ibadah yang berlimpah pahala dari Allah Swt.

Bulan ramadhan adalah bulan keberkahan, bulan yang mulia yang mana di dalamnya banyak kebaikan dan bernilai lebih serta berlipat ganda, dan terdapat padanya amalan-amalan yang tidak terdapat pada bulan-bulan selainnya.

Kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan dibanding dengan selain Ramadhan setidaknya dapat dapat kita pahami dari hadits yang disampaikan Rasulullah Saw berkenaan dengan Ramadhan. Dalam sabdanya Rasulullah Saw mengingatkan umatnya untuk memperhatikan dan memaksimalkan ibadah dengan sabdanya:

“Bulan paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari paling utama adalah hari Jumat.” (HR. Ath-Thabrani dari Abdullah bin Mas’ud).

Dalam riwayat yang lainnya Rasulullah Saw juga mengingatkan kepada umatnya akan keagungan dan berlimpahnya pahala Allah Swt kepada hamba-Nya yang beribadah di bulan Ramadhan,

promooktober

Seandainya manusia mengetahui besarnya pahala yang tersedia di bulan Ramadhan, niscaya dia berharap bulan Ramadhan itu sepanjang tahun.” (HR. Ath-Thabrani, Ibnu Khuzaimah, dan Al-Baihaqi dari Abu Mas’ud al-Ghifari).

Setiap amalan yang dilakukan kaum muslimin di bulan Ramadhan oleh Allah Swt akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan yang semisal. Lalu apa saja amalan penghapus dosa selama bulan Ramadhan ini? Seperti dihimpun dari berbagai sumber berikut ini amalannya:

Al Muasir 1

Puasa Ramadhan

Amalan yang pertama dan paling utama di bulan Ramadhan adalah melaksanakan puasa yang merupakan rukun Islam yang keempat. Semua kita mengetahui tentang hal itu, tapi yang perlu kita ingat bahwa puasa setiap orang dari kita berbeda nilai dan pahalanya di sisi Allah Swt. Perintah puasa ini dapat kita temukan dan sudah kita hafal yakni dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183 :

Hai, orang-orang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa,..”

Sementara itu keutamaan amalan puasa di bulan Ramadhan yang akan menghapus dosa diantaranya yaitu dapat kita pahami dari sabda Rasulullah Saw :

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari Muslim ).

Selain itu ibadah di bulan ramadhan yang akan menghapus dan meleburkan dosa seperti pada hadits di atas ini juga dapat kita baca berdasarkan pada hadist dari Abu Hurairah r.a , Rasulullah Saw bersabda :

Antara shalat yang lima waktu, antara jum’at yang satu dan jum’at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR.Muslim)

Demikian keutamaan dan hikmah puasa Ramadhan yang tidak boleh kita lewatkan barang sejenak. Tentunya masih ada beberapa amalan dan ibadah yang dapat kita lakukan selama Ramadhan yang pahala sungguh luar biasa. Untuk itu mumpung masih ada waktu seyogyanya kita persiapkan semaksimal mungkin baik fisik maupun spiritualnya.[ ]

 

Red: ahmad

Editor: iman

Ilustrasi foto: sly

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 2 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment