Hukum Membaca Ta’awwudz dalam Shalat

shalat

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam , apakah membaca a’udzubillahiminasyaithanirrajiim (ta’awwudz) dalam shalat dilakukan setiap rakaat ataukah hanya pada rakaat pertama saja? Mohon penjelasan dan terima kasih. (Ira by email)

 

 

 

 

Wa’alaykumsalam wr wb. Iya Ibu Ira dan pembaca sekalian begini, secara prinsip, kita diperintahkan untuk selalu membaca ta’awwudz (a’udzubillahi minasyaithaanirrajim) setiap akan membaca Al Quran, baik dalam shalat ataupun di luar shalat.

Apabila akan membaca Al Quran, hendaklah engkau berlindung kepada Allah dari gangguan setan yang terlaknat.” (Q.S. An-Nahl 16: 97.

Ada juga hadits yang menjelaskan tentang bacaan ta’awwudz ini sebagaimana berikut menjelaskan bahwa secara khusus Rasulullah selalu membaca ta’awwudz dalam shalatnya.

Abu Sai’d al-Khudry r.a. berkata bahwa Nabi saw. apabila shalat membaca doa iftitah  kemudian mengucapkan “A’udzubillahiminasyaithaanirrajiim min hamzihi wa nafkhihi wa naftsihi (Aku berlindung kepada Allah  dari setan yang terkutuk dari gangguannya, tiupannya, dan hembusannya).” (H.R. Ahmad dan Tirmidzi)

Pada hadis ini tidak dijelaskan apakah bacaan ta’awudz yang dilakukan Nabi saw. itu pada rakaat pertama saja ataukah pada setiap rakaat. Karena itu, wajar kalau ada yang berpendapat bahwa baca ta’awwudz itu pada setiap rakaat. Namun, Imam Asyaukani menegaskan hasil penelitiannya. Katanya, “Berdasarkan analisis yang kritis terhadap semua keterangan tentang masalah ini, bisa ditegaskan bahwa membaca ta’awwudz itu hanya pada rakaat pertama saja.” (Nailul Authar Vol II, hal. 205)

Berdsarkan analisis di atas, bisa disimpulkan bahwa setelah membaca doa iftitah, kita dianjurkan membaca ta’awwudz (a’udzubillahiminasyaithhanirrajim) pada rakaat pertama saja. Sementara pada rakaat berikutnya kita tidak perlu membacanya.

Untuk membahas tentang shalat ini saya sudah menjelaskan dalam sebuah buku yang berjudul SUDAH BENARKAH SHALATKU , dimana didalamnya dijelaskan tentang cara gerakan maupun bacaan secara rinci berikut dalilnya. Anda bisa menghubungi dihotline 0811-2202-496 untuk mendapatkannya. Wallahu a’lam. []

Buku Sudah Benarkah Shalatku

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 96 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment