Rencana Orang Kafir Jauhkan Umat dari Ajaran Islam (Tafsir Surat Ath-Thariq Ayat 15,16,17)

pemimpin

Pada tiga ayat terakhir yaitu ayat 15,16 dan 17 surat Ath-Thariq, Allah menyatakan bahwa orang kafir yang memusuhi Islam  tidak akan tinggal diam.  Mereka akan melakukan  berbagai cara dan tipu daya  agar umat Islam menjauh dari ajaran yang telah disampaikan melalui Rasulullah saw.

Berikut ayat 15 dan 16 surat Ath Thariq:

إِنَّهُمْ يَكِيدُونَ كَيْدًا

وَأَكِيدُ كَيْدًا

Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya. Dan Akupun membuat rencana  dengan sebenar-benarnya.

promooktober1

Ayat ini menegaskan bahwa orang-orang yang memusuhi Islam akan terus berjuang membuat berbagai tipu daya agar umat Islam jauh dari ajaran-ajaran Islam, jauh dari nilai-nilai kebenaran Al Quran, bahkan mereka berusaha untuk memurtadkannya. Dalam ayat lain, Allah swt. menjelaskan kegigihan Yahudi dan Nasrani untuk menyesatkan umat Islam. ”Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah, ’Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar).’ Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.” (Q.S. Al Baqarah 2: 120)

Ditutup kemudian dengan ayat ke-17 atau ayat pamungkas  berikut ini:

فَمَهِّلِ الْكَافِرِينَ أَمْهِلْهُمْ رُوَيْدًا

Karena itu beri tangguhlah orang-orang kafir itu, yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar.    

Ini merupakan ancaman bagi orang-orang yang menentang kebenaran Allah swt. Cepat atau lambat, risiko pembangkangan terhadap ayat-ayat Allah akan diterimanya, yakni azab yang pedih. Naudzubillah!

Di sisi lain, ayat ini pun memberi harapan pada para pejuang kebanaran, bahwa cepat atau lambat pertolongan Allah akan datang. Allah swt. pasti akan menolong para hamba-Nya yang memperjuangkan kebenaran.

”Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S. Muhammad 47: 7).   Semoga Allah swt. senantiasa memberi pertolongan pada kita. Amin

 

 

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment