Ragam Hewan Cerdas Yang Bisa Jadi Bahan Cerita Pada Anak

Burung 2

PERCIKANIMAN.ID – – Cerita atau dongeng tentang hewan adalah salah satu kegiatan yang disukai anak-anak menjelang tidur. Namun jangan lupa selipkan ayat-ayat Al Quran sebagai bahan dakwah dan sampaikan bahwa mereka bisa cerdas karena ada peran Allah Swt dalam ciptaan-Nya. Berikut adalah hewan-hewan cerdas yang bisa ayah bunda ceritakan atau dongengkan kepada ananda sebagai pengantar tidurnya. Seperti dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini hewan-hewan cerdas tersebut:

  1. Lumba-lumba.

Tahukah Sobat Mapi binatang ini merupakan mamalia laut paling cerdas? Otak lumba-lumba memiliki ukuran Cerebral Cortex dan Lobus Frontalis lebih besar 40% dari pada otak manusia. Cerebral Cortex pada lumba-lumba merupakan bagian otak yang bertanggung jawab dalam hal kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi, mengolah informasi, dan memecahkan masalah. Itulah sebabnya lumba-lumba mudah dilatih untuk berperilaku ramah terhadap manusia.

iklan donasi pustaka2
  1. Monyet Rhesus

Monyet ini merupakan jenis monyet dengan daya ingat yang luar biasa. Monyet jenis ini memiliki kemampuan belajar yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain memiliki memori yang sangat baik, monyet ini juga memiliki sistem komunikasi/vokal yang menyerupai manusia. Lebih istimewa lagi, monyet ini mampu menunjukkan emosinya melalui ekpresi wajah yang mudah dipahami manusia. Mengagumkan bukan? Atas kemampuannya ini, monyet Rhesus sering dipakai untuk penelitian biologi dan penelitian medis lainnya.

  1. Anjing Ollie Border

Tahukah Anda bahwa anjing jenis ini merupakan anjing paling cerdas di dunia? Anjing ini sering digunakan untuk menggembalakan ternak sehingga keberadaannya secara tidak lagsung memberikan dampak positif pada pergerakan industri pertanian dan peternakan di daerah asalnya, Skotlandia. Selain pandai menjaga ternak, hewan ini juga juara dalam berbagai kompetisi olahraga anjing seperti lompat tinggi, permainan bola terbang, bahkan kompetisi menari.

  1. Burung Beo.

Selama ini, burung Beo memang terkenal dengan kemampuannya menirukan ucapan manusia. Akan tetapi tahukah Anda bahwa African Grey Parrot (nama lain burung Beo) tidak hanya mampu meniru ucapan tuannya tapi juga pandai merangkai kata-kata ke dalam bentuk kalimat sederhana? Burung yang berasal dari Afrika ini dapat dilatih dengan mudah sehingga mereka dapat meniru sekaligus menciptakan suara-suara dengan sempurna. Kecerdasan spesies ini terlihat melalui salah satu burung Beo Afrika bernama Alex yang mampu mengidentifikasi lebih dari 50 benda, tujuh warna, lima bentuk, dan bilangan numerik dari satu sampai enam. Lebih jauh lagi, burung ini juga mampu memahami perbedaan antara besar dan kecil, atas dan bawah, serta menyampaikan perasaannya dengan mengucapkan “Akan menjauh” apabila bosan melakukan pengujian.

  1. Gurita Raksasa.

Gurita raksasa ini berada di pelataran utara samudra Pasifik merupakan invertebrata paling cerdas yang pernah ada. Hewan ini dianggap memiliki kemampuan pengamatan dan pemecahan masalah yang luar biasa. Selain itu, hewan ini juga memiliki penglihatan yang tajam dan sensitifitas yang sangat kuat.

  1. Gagak Kaledonia.

Tahukah Bunda bahwaburung  Gagak Kaledonia (The New Caledonian Crow) merupakan spesies paling cerdas di antara jenis burung lainnya? Sebuah pengujian ilmiah menunjukkan bahwa burung ini memiliki IQ paling tinggi. Mereka dapat berhitung, membedakan bentuk bilangan kompleks, dan melakukan tugas-tugas observasional dengan baik. Salah satu kecerdasannya yang luar biasa istimewa adalah kemampuan menggunakan alat-alat dalam setiap pemburuan makanannya, misalnya dengan menciptakan pisau yang terbuat dari potongan daun dan batang rumput. Cerdas bukan?

  1. Laba-laba Loncat.

Laba-laba Loncat (Jumping Spider/Portia Labiata) merupakan jenis serangga tercerdas di dunia. Mereka berhasil memperlihatkan kepandaian melalui sebuah uji tes laboratorium yang menunjukkan bahwa mereka berhasil memecahkan berbagai permasalahan yang diberikan dengan baik. Ketrampilan mereka diperlihatkan melalui teknik pembuatan perangkap untuk menjebak mangsanya. Mereka akan membiarkan mangsanya datang dan pergi (ke sarangnya) serta menunggu sampai beram-jam sampai waktu penyerangan yang tepat tiba.

  1. Gajah Afrika.

Ternyata gajah Asia, dan gajah hutan Afrika merupakan jenis gajah yang jenius. Mereka mampu membuat mind mapping yang baik sehingga dapat mengunjungi tempat-tempat yang sudah lama tidak didatangi. Selain itu, mereka juga memiliki pendengaran yang luar biasa baik. Mereka berkomunikasi dengan mengaum (layaknya bunyi terompet) dan juga dapat mengirimkan suara dari jarak jauh dengan menggunakan media tanah. Yang menarik, gajah juga tercatat telah melakukan berbagai perilaku yang berkaitan dengan seni dan pelampiasan emosi seperti melukis sebuah gambar untuk mengekspresikan dirinya.

Subhanallah! Hewan-hewan yang selama ini dianggap hanya mampu berperilaku berdasarkan insting (hewani) saja ternyata juga diberi anugerah kecerdasan yang luar biasa. Kalau sudah begini, masihkah manusia berhak menyombongkan kecerdasan dan kepandaian yang dimilikinya lalu merendahkan makhluk lain?. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment