Lakukan Bina Mualaf di Kuningan, DDII Jabar Berdayakan Pengolahan Susu

DDII Kuningan susu 4

PERCIKANIMAN.ID – –  Dewan Dakwah (DDII) Jawa Barat kembali menggelar kegiatan pembinaan khususnya bagi kalangan mualaf. Kali ini lokasi yang dipilih adalah Desa Cisantana Kec. Cigugur Kab. Kuningan. Selain bina mualaf kegiatan ini juga merupakan  perpaduan antara program pemberdayaan ekonomi berbasis keumatan. Lebih istimewanya program yang dilaksanakan di kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah ini adalah pelatihan pengolahan susu yang dilakukan selama tiga hari yakni Kami hingga Sabtu ( 13- 15 April 2017).

Kegiatan ini dihadiri sekaligus dibuka oleh  Hilman selaku Kesra Desa Cisantana. Dalam sambutannya Hilman menyampaikan ucapan terima kasih kepada ummat Islam khususya Dewan Dakwah Jabar yang mempunyai kepedulian kepada warganya.

iklan donasi pustaka2

“Kehadiran saudara-saudara dari Dewan Dakwah ini setidaknya mampu memberikan harapan kepada kami baik dari sisi pembinaan akidah maupun sisi ekonominya. Kami berharap program ini dapat berlanjut dan mampu melahirkan pengusaha khususnya dalam bidang pengolahan susu menjadi lebih baik dan moderen,” harapnya.

Sementara itu menurut Ketua Harian DDII Jabar, ustadz Roinul Balad dalam sambutanyya menyampaikan bahwa dipilihnya Desa Cisantana sebab daerah ini terdapat salah satu kampung muallaf dengan jumlah muslim yang minoritas. Ustadz Roin menambahkan bahwa pembinaan dan penguatan akidah sejatinya lebih prioritas dibanding yang lain. Sebab, sambungnya, semua persoalan bermula dari kualitas akidah yang lemah.

“Untuk itu selain pembinaan dalam sisi ekonomi yakni pelatihan pengeloan susu untuk bisa menjadi lebih baik, maju dan berkembang tak lupa kami juga melakukan upaya pembinaan dan penguatan akidahnya. Insya Allah jika akidahnya kuat dan lurus maka persoalan ekonomi tidak sampaik menghilangkan keimanan,” ungkapnya dalam rilinya.

Ustadz Roin menambahkan bahwa sejak tahun 1970an peternakan sapi perah dan pengeloaan susu sudah ada.  Masyarakat mengumpulkan susu tiap hari dan menyetor ke koperasi namun sampai sekarang peternak tidak ada yang mengolah susu menjadi produk lain yang bernilai jual tinggi. Harga susu mulai Rp. 4.500 – Rp. 7.000 tergantung kualitas dari susunya. Susu dipasok ke 3 koperasi yang ada disana kemudian sebagian besar dikirim ke indolakto

“Pemuda harus ambil peranan dalam dakwah sesuai dengan keahlian bidangnya,  khususnya saat ini agar mensupport wilayah minoritas dan rawan pendangkalan aqidah dengan melakukan pembinaan. Pemuda harus berani tampil di garis depan dalam usaha membentengi akidah ummat khususnya di daerah terpencil,”ajak ustadz Roin saat menutup tausyiahnya.

Pemberdayaan ekonomi umat yakni pengolahan di kampung muallaf berjalan dengan baik.  Warga dilatih oleh Tomi dari Syifa Milk Farm di daerah Ciwidey. Tomi melatih sekaligus mengajarkan bagaimana cara membuat fresh milk, keju mozarella, mentega, dan yoghurt. Pelatihan pengolahan susu sangat dinanti langsung oleh masyarakat.

Alhamdulillah, setelah pelatihan terbentuk 4 kelompok yang menjadi binaan LAZIS Dewan Dakwah, sebelum membuat home industri selama satu bulan kedepan,  setiap minggunya akan diadakan pertemuan rutin untuk pemantapan latihan dan peningkatan kualitas olahan yang akan di koordinir oleh Iwan selaku kader lokal disana dan ketua kelompok di Desa Cisantana.

Bersamaan dengan program pemberdayaan ekonomi umat, Lazis Dewan dakwah juga mengadakan my Voluntrip. My voluntrip merupakan kegiatan dari Madrasah Relawan Kemanusiaan (MRK) Lazis dewan dakwah. My Voluntrip memiliki konsep jalan jalan sambil tebar manfaat.

Alhamdulillah, selama satu minggu open recruitment yang mendaftar 95 orang dari berbagai kampus di seluruh Indonesai. Terpilih 10 orang yang memenuhi kriteria My Voluntrip. Peserta terpilih diantaranya Eko Saputra dan Maulina Putri (STID M. natsir), Devi (Universitas Indonesia),  Windi Hamdani, Shera dan Farah Fathiaty (UIN Jakarta), Yulan (UNJ),  M. Reza (IISIP),  Ririn (universitas al azhar), Hafizh (PTIQ).

Disamping itu juga, dewan dakwah jawa Barat mengikut sertakan 7  mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia. Kegiatan yang dilakukan selama my voluntrip yaitu pelayanan kesehatan bersama Rumah Sehat Dewan Dakwah, Pelatihan memerah susu dan pengolahan susu, pelatihan dan praktik PRA, rihlah ke air terjun ciputri dan taman cigeurih

 

para peserta "My Voluntrip" Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia
para peserta “My Voluntrip” Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia

 

Disamping itu juga, peserta diberikan tugas individu untuk membuat liputan dan dokumentasi setiap kegiatan. serta tugas kelompok membuat video kegiatan, membuat album foto, membuat berita kegiatan,  dan presentasi hasil PRA.

Tugas yang diberikan, akan di olah dan dikerjakan sampai minggu depan. Alhamdulillah kedepannya teman teman bersiap utk menjadi pelaksana Madrasah Relawan Kemanusiaan 5 serta menjadi perwakilan di kampus dan daerahnya untuk program program yang akan dilaksanakan oleh MRK Lazis Dewan Dakwah. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: ddii

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment